Longsor Susulan Ancam Akses Jalan dari Cisarua dan Cimahi Menuju Lembang

Longsor Susulan Ancam Akses Jalan dari Cisarua dan Cimahi Menuju Lembang
Petugas dan relawan sedang menangani tebing yang longsor sehingga mengakibatkan ditutupnya Jalan Kolonel Masturi dari Cisarua dan Cimahi menuju Lembang, Rabu (3/11/2021). Foto/MPI/Adi Haryanto
Editor: Epenz Teras KBB —Rabu, 3 November 2021 14:04 WIB

Terasjabar.id - Akses jalan ke kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari arah Cisarua dan Cimahi maupun sebaliknya hingga Rabu (3/11/2021) siang masih ditutup. Penutupan ini imbas dari longsornya tebing di Jalan Kolonel Masturi.

Untuk sementara kendaraan yang akan melintas ke kawasan tersebut dialihkan sementara menuju Jalan Manoko dan keluar di Jalan Mandarin, Lembang.

Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Damkar, TNI/Polri, dan dibantu para relawan masih tampak membersihkan sisa material longsor yang terjadi pada, Selasa (2/11/2021) malam.
"Jalan masih ditutup karena sekarang masih dilakukan evakuasi pembersihan material tanah," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo saat ditemui di lokasi pada Rabu (3/10/2021).

BPBD KBB belum bisa memastikan kapan Jalan Kolonel Masturi ini bisa dilalui pengendara. Pasalnya, tebing setinggi sekitar 25-30 meter tersebut masih rawan terjadinya longsor susulan.

Pihaknya juga berupaya mengamankan bangunan yang di atas tebing karena sudah ada retakan yang muncul.

"Kita upayakan hari ini bisa dilewati, namun melihat progres hasil evakuasi di lapangan juga soalnya tebing masih labil. Tapi kalau sudah aman pasti segera dibuka lagi," sambungnya.

Lebih lanjut dikatakannya, penyebab longsor karena kontur tanah tidak kuat menahan derasnya curah hujan yang turun mulai Selasa siang.

Sejak malam pihaknya bersama anggota kepolisian dibantu relawan menyingkirkan material tanah dan menjaga akses jalan supaya tidak ada pengendara yang melintas.

"Intensitas hujan masih tinggi, jadi kami imbau pengendara jalan hati-hati ketika melintas di daerah yang rawan longsor. Pihaknya disiagakan bersama petugas damkar untuk menjaga-jaga ada longsor susulan," pungkasnya.

Disadur dari Sindonews.com 

Akses Jalan KBB Cisarua Cimahi Tebing Jalan Kolonel Masturi Lembang


Loading...