KBB Menjadi Zona Merah, Ratusan Kendaraan yang Masuk Lembang saat Akhir Pekan Diputarbalik Petugas

KBB Menjadi Zona Merah, Ratusan Kendaraan yang Masuk Lembang saat Akhir Pekan Diputarbalik Petugas
(Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin : Google)
Editor: Epenz Teras KBB —Minggu, 20 Juni 2021 12:28 WIB

Terasjabar.id - Ratusan kendaraan dari luar daerah yang masuk ke wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), diputarbalik oleh aparat kepolisian menyusul adanya larangan kunjungan ke daerah berstatus zona merah.

Mereka terjaring penyekatan petugas yang dilakukan selama dua hari sejak Sabtu (19/6/2021) dan Minggu (20/6/2021). Penyekatan ini dilakukan untuk menekan mobilitas masyakarat yang datang ke wilayah Lembang.

Kanit Turjawali Polres Cimahi, Ipda Itang mengatakan, saat penyekatan hari Sabtu, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 160 kendaraan dan 64 kendaraan di antaranya diputarbalikan dengan rincian 60 kendaraan roda empat dan 4 roda dua.

"Sedangkan hari ini, hingga pukul 10.00 WIB kendaraan yang kita periksa sudah 37 kendaraan dan yang diputarbalikan ada 7 kendaraan, 5 kendaraan roda empat dan 2 kendaraan roda dua," ujarnya saat ditemui di Lembang, Minggu (20/6/2021).

Untuk kendaraan yang diperiksa hingga diputarbalikan, kata Itang, karena para pengemudi dan penumpanya tidak membawa surat bebas Covid-19 seperti hasil rapid test antigen.

"Berdasarkan hasil temuan di lapangan, kita masih banyak menemukan pengemudi atau pelaku perjalanan yang tidak membawa surat hasil rapid antigen," kata Itang.

Ia mengatakan, penyekatan tersebut hanya dilakukan dua hari saja saat akhir pekan, tetapi kegiatan ini kemungkinan bisa diperpanjang jika penyebaran Covid-19 di wilayah KBB terus mengalami peningkatan.

"Kita lihat tren penyebaran Covid-19 karena selama ini, wilayah KBB dinyatakan zona merah. Sehingga pemerintah melaksanakan PPKM Mikro dengan maksud dan tujuan untuk menekan atau menurunkan angka penyebaran Covid-19," ucapnya.

Selain melakukan penyekatan, pihaknya juga menyediakan rapid test antigen di posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyakarat (PPKM) Mikro yang sudah disediakan.

"Kita arahkan bagi pengemudi yang tidak membawa hasil rapid test antigen untuk melakukan pemeriksaan di posko. Sudah ada 8 orang yang kita lakukan pemeriksaan," ucapnya.



Disadur dari Tribunjabar.id

KBB Zona MErah Pandemi Covid-19 Lembang


Loading...