Advertisement

Kepala Sekolah Mempertanyakan, Kapan Pastinya BOS Cair?

Kepala Sekolah Mempertanyakan, Kapan Pastinya BOS Cair?
Iwan Setiawan
Editor: Jajang Teras Garut —Sabtu, 6 Maret 2021 09:42 WIB

Terasgarut - Kepala Sekolah Dasar di wilayah selatan Garut mengharapkan kepada pihak terkait untuk segera meluncurkan Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) tahap pertama tahun 2021, karena banyak operasional yang sangat esensial memerlukan biaya. Meskipun para siswa tidak secara langsung tatap muka, namun administrasi tetap berjalan, dan yang lebih penting untuk membayar tenaga sukwan.

Demikian laporan Iwan Setiawan, atas ungkapan seluruh kepala sekolah serta guru saat mengambil gaji di bjb Unit Pameungpeuk, Rabu (3/3/2021).

Kata Iwan, saat mengobrol dengan para kepala sekolah dan ada beberapa sekolah yang mengaku sudah menggunakan dana talang untuk keperluan pembayaran tenaga sukwan dan sebagian untuk membeli kertas HVS dan tinta, dan dana talang itu harus segera di bayar.

Apa lagi bagi guru sukwan kalau tidak di bantu dari sekolah, kata Iwan, beberapa kepala sekolah memaparkan, dalam melaksanakan mentransfer ilmu melalui luring ke para siswa, selain untuk membantu memberi transpor dan membeli kuota untuk kegiatan daring. Meskipun di beberapa sekolah sudah terpasang/mempunyai Wifi, namun untuk pembayarannya tetap harus tiap bulan, artinya pihak indihome/telkomsel tidak mau tahu pembayaran Wifi bisa menggunakan dari dana BOS.

Selain itu, lanjutnya, sekarang bagi PNS harus absen online, ya bagi sekolah dan para PNS yang kebetulan mudah jaringan internet, barang kali tidak ada masalah ketimbang para PNS yang kesulitan mencari sinyal HP. Apalagi di Garut Selatan, kata mereka, untuk sinyal HP masih banyak sekolah/daerah yang tidak terjangkau dengan jaringan internet,

Eman Sulaeman, S.Pd dan Oman Suparman, S.Pd., diantaranya mengaku ketika absen online di berlakukan, mereka harus mencari tempat atau okasi yang ada sinyal, dan itu pun jauh dari lokasi sekolah tempat dia bekerja.

Untuk itu, kata Iwan, para kepala sekolah dan guru sangat mengharapkan ke pihak terkait, untuk memudahkan absen online agar segera di penuhi fasilitas internet,terutama di beberapa kecamatan di Garut Selatan.

Sementara Euis Syamsiah, M.Pd., dengan nada sedikit kesal, tambah Iwan, untuk dana BOS melalui Giro sampai pada hari Jumat, 5 Maret 2021, setelah di cek ke bjb masih tetap belum masuk, padahal kata Euis, informasi yang didapat dari beberapa sumber yang dapat di percaya, katanya dana BOS sudah bisa di cairkan pekan ini, tapi kenyataannya pada Giro masih tetap belum masuk. (*)

Kepala Sekolah Mempertanyakan Kapan Pastinya BOS Cair?


Loading...