Alole Vera Dikenal Dapat Melembapkan Hingga Menenangkan Kulit, Berikut 5 Manfaat Lainnya

Alole Vera Dikenal Dapat Melembapkan Hingga Menenangkan Kulit, Berikut 5 Manfaat Lainnya
Ilustrasi (Almanac.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 23 Februari 2021 10:50 WIB

Terasjabar.id -- Aloe vera atau lidah buaya dikenal memiliki khasiat yang dapat melembapkan hingga menenangkan kulit. Tak heran bila ada cukup banyak produk perawatan kulit yang menggunakan aloe vera sebagai bahan dasarnya.

Di samping untuk perawatan kulit, aloe vera sebenarnya memiliki beberapa manfaat lain. Ada beberapa cara untuk bsia mendapatkan manfaat aloe vera, seperti memakan, meminum, atau mengoleskannya ke kulit.

"Aloe vera memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan, serta selama ratusan tahun telah digunakan untuk membersihkan luka dan menyembuhkan luka bakar," ujar konsultan dermatologi dari Cadogan Clinic Dr Catherine Borysiewicz, seperti dilansir Men's Health, Selasa (23/2).


Mengurangi Plak
Mouthwash yang berbahan dasar aloe vera tak hanya dapat menyegarkan napas, tetapi juga mengurangi plak di gigi. Studi dari India bahkan menemukan bahwa aloe vera bisa mengurangi plak seefektif chlorhexidine, yaitu mouthwash yang kerap diresepkan untuk penyakit gusi.

Selain dalam bentuk mouthwash, aloevera juga bisa ditemukan dalam bentuk pasta gigi. Academy of General Dentistry pernah membandingkan pasta gigi berbasis gel aloe vera dengan dua pasta gigi komersil. Dari perbandingan ini, diketahui pasta gigi berbasis gel aloe vera sama efektifnya, dan mungkin bisa lebih baik, dalam mengontrol organisme yang menyebabkan gigi berlubang.

Memperbaiki Pencernaan
Aloe vera telah terbukti dapat meredakan sembelit. Bagian luar tanaman aloe vera mengandung senyawa bernama anthraquinoness. Senyawa ini yang membuat aloe vera memiliki efek pencahar. Akan tetapi, ahli gizi Clarissa Lenherr mengingatkan agar sari aloe vera tidak dikonsumsi berlebih karena dapat menyebabkan diarea dan kram perut.

FOLLOW JUGA : 


Menenagkan Luka Pisau Cukur
Salah satu yang yang sangat dikenal dari aloe vera adalah sifatnya yang menenangkan dan dapat menyembuhkan luka. Salah satunya adalah luka akibat pisau cukur.

Terkadang, pisau cukur dapat merusak kulit dan folikel rambut. Kondisi ini dapat memicu terjadinya inflamasi. Pengaplikasian gel aloe vera di area yang mengalami inflamasi setelah ebrcukur dapat mengurangi kemerahan pada kulit, meringankan rasa nyeri, dan membantu proses penyembuhan.

Menurunkan Kadar Gula Darah
Minum dua sendok makan sari aloe vera diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula adar pada penyandang diabetes mellitus tipe 2. Hal ini dapat terjadi karena senyawa-senyawa dalam tanaman aloe vera meningkatkan sensitivitas insulin.

Dampak lain yang bisa dirasakan dari kondisi tersebut adalah rasa lapar menurun, keinginan besar untuk makan sesuatu menjadi berkurang, dan penurunan berat badan menjadi lebih mudah. Studi dari Seoul National University Hospital menunjukkan bahwa pasien prediabetes berhasil menurunkan hampir satu kologram lemak dan meningkatkan setengah kilo massa otot dalam waktu delapan minggu setelah mengonsumsi suplemen gel aloe vera.

 

Membantu Meningkatkan Metabolisme
Tanaman aloe vera dapat mengaktivasi enzim bernama AMP-activated muscle protein kinase (APMK) menurut sebuah studi pada hewan coba. Enzim ini berperan dalam mengatur metabolisme. Tikus yang diberi makan gel aloe vera kering dapat menurunkan lemak tubuh karena suplemen tersebut meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh tikus tersebut. Tentu dampaknya pada manusia perlu dibuktikan melalui penelitian yang lebih dalam.

Disadur dari Republika.co.id

Aloe Vera Produk Perawatan Kulit Manfaat Lain


Loading...