Wakil Presiden Ma'ruf Amin Mengatakan 'Program Vaksinasi Tak Boleh Gagal'

Wakil Presiden Ma'ruf Amin Mengatakan 'Program Vaksinasi Tak Boleh Gagal'
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 16 Februari 2021 10:43 WIB

Terasjabar.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, saat ini pemerintah sedang gencar melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat. Hal tersebut untuk mencapai herd immunity, sehingga dia meminta agar program tersebut tidak boleh gagal.

"Ini merupakan program vaksinasi terbesar dan paling menentukan yang pernah kita laksanakan. Program vaksinasi ini harus berhasil dan tidak boleh gagal," kata Ma'ruf saat memberikan sambutan dalam acara hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan Publik di Lingkungan Polres, Polresta, Polres Metro tahun 2020 melalui siaran virtual, Selasa (16/2).

"Saya ingin mengulangi kembali bahwa tugas ini tidak boleh gagal dan harus berhasil serta tuntas, karena vaksinasi merupakan cara paling efektif untuk menekan dan mencegah penularan virus Covid-19, selain penerapan protokol kesehatan secara ketat," tambah Ma'ruf.

Oleh sebab itu pada 9 Februari lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kata Ma'ruf telah mengeluarkan Perpres nomor 14 Tahun 2021 tentang vaksinasi. Dia menjelaskan pihak yang sudah terdaftar dan menolak akan diberikan sanksi.

"Intinya menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 sifatnya wajib bagi mereka yang telah terdaftar dalam register Kementerian Kesehatan dan memenuhi persyaratan sebagai sasaran vaksinasi. Perpres tersebut juga menetapkan sanksi administratif bagi mereka yang menolak atau menghalangi vaksinasi Covid-19," ungkap Ma'ruf.

Minta Kapolri Kawal Vaksinasi

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar Kapolri Listyo Sigit untuk mengawal jalannya program vaksin tersebut. Sehingga bisa tercapai dan berhasil untuk mencapai target.

"Dalam kaitan itulah, pada kesempatan yang baik ini saya meminta Kapolri dan seluruh jajaran Kepolisian untuk mengawal dan memberikan dukungan penuh bagi keberhasilan pelaksanaan program Vaksinasi Covid-19," ungkap Ma'ruf.

FOLLOW JUGA :

Kemudian Ma'ruf juga meminta agar masyarakat memahami dan mendukung upaya pemerintah untuk menekan angka covid-19 di Indonesia. Dengan mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

"Sebagai perwujudan dari pelaksanaan Sila Kedua dan Sila Ketiga dari Pancasila. Melaksanakan vaksinasi dan protokol kesehatan adalah langkah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab," beber Ma'ruf.

Sebab kata dia melindungi orang lain termasuk diri dan keluarga dari paparan Covid-19. Dia juga menjelaskan tidak hanya mematuhi protokol kesehatan, langkah pemberian vaksin kepada 182 juta penduduk juga suatu kewajiban untuk tercipta herd immunity.

"Disini lah kita semua dituntut untuk mengamalkan Sila Ketiga, Persatuan Indonesia. Inilah saatnya kita bersama mengamalkan prinsip kemanusiaan dan persatuan demi keberhasilan upaya penanggulangan wabah Covid-19," ungkap Ma'ruf.

Disadur dari Merdeka.com 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin Program Vaksinasi Pandemi Covid-19 Prokes


Loading...