Advertisement

Pemkot Pontianak Terima 10.400 Dosis Vaksin Covid Pertama di Kalbar

Pemkot Pontianak Terima 10.400 Dosis Vaksin Covid Pertama di Kalbar
(ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 13 Januari 2021 13:20 WIB

Terasjabar.id -- Pemerintah Kota Pontianak, melalui Dinas Kesehatan Kota setempat pada hari ini, Rabu (13/1), telah menerima sebanyak 10.400 dosis vaksin Covid-19. Pontianak menjadi kota pertama di Provinsi Kalimantan Barat yang menerima vaksin Covid-19.

"Alhamdulillah hari ini kami telah menerima sebanyak 10.400 dosis vaksin yang dibawa dalam sebanyak enam kotak besar dan langsung di simpan di tempat penyimpanan obat atau vaksin milik Dinkes Kota Pontianak," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak.

Dia menjelaskan, untuk tahap pertama vaksin tersebut akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan petugas lapangan yang jumlahnya sekitar 5.500 orang.

"Penyuntikan vaksin kemungkinan akan dilakukan dalam dua hari ke depan, karena, Kamis besok (14/1) akan dilakukan secara simbolis di tingkat provinsi, setelahnya baru di tingkat kabupaten/kota dan pemberian vaksin ini secara gratis," ujarnya.

Edi mengimbau, kepada masyarakat yang nantinya telah di vaksin, tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak.

FOLLOW JUGA :

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson mengatakan pihaknya akan mendistribusikan vaksin Covid-19 ke tiga daerah (Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah) pada Rabu (13/1).

"Untuk pendistribusian vaksin Covid-19 tahap pertama ini kami lakukan pada hari ini sekitar pukul 08.00 WIB. Ada pun daerah yang menjadi tujuan vaksin tersebut adalah Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah," katanya.

Dia menjelaskan, sesuai jumlah vaksin yang telah diterima pihaknya dari Kemenkes RI sebanyak 18.360 dosis. Jumlah tersebut dibagi untuk Kota Pontianak sebanyak 10.400 dosis, Kabupaten Kubu Raya 3.480 dosis, dan Kabupaten Mempawah 2.000 dosis.

"Sementara sisanya, 2.480 dosis disimpan di Dinkes Kalbar sebagai cadangan," tuturnya.

Sesuai arahan Kemenkes RI, katanya, pemberian vaksin tahap pertama ini akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, dimana dalam proses pemberiannya akan dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak 14 hari dari proses vaksinasi pertama.

"Dalam pendistribusiannys menggunakan protab dan dibawa dengan kendaraan taktis dan dikawal oleh personil Kodam XII Tanjungpura dan Polda Kalbar," katanya.


Sumber : Antara

Disadur dari republika.co.id

Pemkot Pontianak Pandemi Covid-19 Provinsi Kalimantan Barat Vaksin Covid-19


Related Post



Loading...