Prajurit TNI Diminta Aktif Dalam Pengamanan Objek Vital Nasional Selama Momen Pilkada 2020, Khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan

Prajurit TNI Diminta Aktif Dalam Pengamanan Objek Vital Nasional Selama Momen Pilkada 2020, Khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 28 Oktober 2020 12:59 WIB

Terasjabar.id - Prajurit TNI diminta aktif dalam pengamanan objek vital nasional selama momen Pilkada 2020, khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan. TNI harus bertugas dengan mengedepankan cara persuasif dan humanis.

Danrem 152/Babullah Ternate, Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan mengatakan, dalam UU TNI, prajurit diwajibkan terlibat dalam pengamanan objek vital nasional.

"Dalam melaksanakan pengamanan harus tetap mengutamakan faktor keamanan serta dilaksanakan secara persuasif dan humanis sesuai dengan tugas dan fungsi," kata Brigjen TNI Imam Sampurno di Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu (28/10/2020).

Dia juga mengingatkan kepada para prajuritnya tentang netralitas TNI dalam pilkada. Ketentuan ini merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar tawar lagi.

FOLLOW JUGA :

Sementara itu, Kapolda Malut, Irjen Pol Rikwanto mengatakan, sudah mengecek kesiapan personelnya dalam pengamanan Pilkada Halmahera Selatan. Polri juga memetakan kerawanan pilkada akibat gangguan kamtibmas.

Ada tiga daerah rawan dalam pilkada kali ini, di antaranya Kabupaten Halmahera Selatan, Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan. Kondisi ini dilihat dari perkembangan situasi politik di tiga daerah tersebut.

Sebelumnya KPU menetapkan dua pasangan calon yang berkompetisi di Pilkada Halmahera Selatan pada Desember 2020. Keduanya yakni Helmi Umar Muchsin-La Ode Arfan dan Usman Sidik-Hasan Ali Basam Kasuba.

Disadur dari iNews.id

Prajurit TNI Pilkada 2020 Kabupaten Halmahera Selatan Pandemi Covid-19


Loading...