Hari Sumpah Pemuda, Massa Tolak Omnibus Law di Patung Kuda Pakai Baju Adat

Hari Sumpah Pemuda, Massa Tolak Omnibus Law di Patung Kuda Pakai Baju Adat
CNN Indonesia
Editor: Malda Teras Viral —Rabu, 28 Oktober 2020 11:41 WIB

Terasjabar.id 

Massa dari Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) menggelar aksi menolak omnibus law UU Cipta Kerja di Patung Kuda, Jakarta. Menggelar aksi di hari Sumpah Pemuda, sejumlah buruh tampak mengenakan pakaian adat Indonesia

Pantauan detikcom di lokasi, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (28/10/2020), massa baru melakukan orasi sekitar pukul 10.40 WIB meski mereka datang sejak pagi. Massa tersebut datang dari Jabodetabek dan Surabaya.

Selain menggunakan atribut dari federasi, massa buruh juga menggunakan baju adat Indonesia. Terlihat, ada yang menggunakan baju adat Betawi, Sumatera Barat, Lampung, Jawa, Bali dan Madura.

Mereka membawa spanduk bertuliskan 'cabut omnibus law demi anak cucu'. Saat ini, massa masih melakukan orasi di mobil komando.


Massa aksi tolak Omnibus Law pakai baju adatMassa aksi tolak Omnibus Law pakai baju adat (Ilman/detikcom).

Massa kemudian diminta oleh orator untuk berbaris dengan rapi dan menjaga jarak. "Tetap jaga jarak agar terhindar dari COVID-19," kata Orator.

Salah seorang perwakilan massa, Ahmad Rajab mengatakan baju adat dikenakan sekaligus sebagai peringatan hari sumpah pemuda. Ahmad sendiri mengenakan baju adat Betawi.

"Dalam rangka sumpah pemuda (pakai baju adat)," ucap Ahmad.

Perwakilan massa yang mengenakan baju adat kemudian naik ke atas mobil komando. Mereka lalu membacakan sumpah buruh.

(man/elz/CNN)

Omnibus Law Demo UU Cipta Kerja FSP


Loading...