39 Nakes Tertular Covid-19 RSD Gunung Jati Ditutup

39 Nakes Tertular Covid-19 RSD Gunung Jati Ditutup
Editor: Malda Teras Viral —Sabtu, 24 Oktober 2020 08:26 WIB

Terasjabar.id - Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon ditutup sementara selama sepekan sejak 22 - 27 Oktober dan baru dibuka kembali tanggal 28 Oktober 2020. Penutupan sementara ini, menyusul terjadinya penularan Covid-19 diantara pegawai (transmisi lokal), yang diawali
terpaparnya sejumlah pegawai dari pasien yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 21 orang tenaga kesehatan dan non 'nakes' pada tanggal 19-21 Oktober 2020. Kemudian terjadi lagi penambahan pada tanggal 22 Oktober 2020, sehingga total pegawai yang terkonfirnasi Covid-19 sebanyak 39 pegawai.


Direktur RSD Gunung Jati Kora Cirebon dr Ismail Jamaludin, Sp.OT dalam Press Release Jumat (23/10-2020) menyebutkan, pegawai yang terpapar itu bertugas di IGD Terpadu, Kamar Operasi, Ruang ICU (Intensif Care Unit), R.NICU (Neonatus Intensive Care Unir), Haemodalusa, R.Teratai (Ruang Isolasi Covid-19), Klinik Mata, Gigi, , Bedah Mulut dan Poliklinik Bedah Syaraf.


Mereka sebagian dirawat inap di ruang Isolasi dan sebagian.menjalani iaolasi mandiri pada fasilitas yang disediakan Pemkot Cirebon.
Saat ini Tim Pencegahan dan Pengendalian Inpeksi (PPI) kata Ismail, bekerja sama dengan Instalasi Lab dan Sanitasi Lingkungan Kesehatan serta Keselamatan Kerja (ISLK3), masih terus melakukan penelusuran kontak, PCR dan desinfeksi ruang-ruang pelayanan. Tim PPI juga telah menetapkan 356 pegawai masuk kategori kontak erat dan dilakukan pemeriksaan PCR.


Sementara itu, pasien-pasien yang akan dirujuk ke RSD, agar dialihkan ke RS lain yang terdekat. Bagi pasien-pasien yang dijadwal pemeriksaan 22-27 Oktober 2020 di Poliklinik Umum, Lab, Radiologi dan lainnya akan dijadwal ulang sesuai kapasitas yang tersedia. Sedangkan pelayanan Haemodialisa, HOT, dan Kemoterapi tetap berjalan sesuai jadwal.


Untuk jam besuk ditiadakan sampai batas waktu yang tidak ditentukan dan penunggu pasien hanya satu orang. Direktur RSD Gunung Jati dr Ismail menegaskan kepada pengunjung dan pegawai RS agar tetap memperhatikan
Protokol kesehatan 3M yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (H WAWAN JR)

Viral Kuningan Gunung Jati nakes


Loading...