BMKG Mengimbau Masyarakat Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem, Cuaca Ekstrem Intai Sejumlah Wilayah di Indonesia

BMKG Mengimbau Masyarakat Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem, Cuaca Ekstrem Intai Sejumlah Wilayah di Indonesia
Ilustrasi (Portal Jabar : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 28 September 2020 11:09 WIB

Terasjabar.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem pada musim pancaroba atau peralihan. BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi dilanda cuaca ekstrem, seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

"Saat ini beberapa wilayah Indonesia akan memasuki peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Biasanya ada potensi cuaca ekstrem, seperti hujan tiba-tiba sangat deras disertai petir dan angin kencang," kata Plh Deputi Bidang Klimatologi BMKG Nasrullah, Senin (28/9/2020).

Nasrullah membeberkan tanda-tanda bakal terjadi cuaca ekstrem di suatu daerah. Biasanya terdapat tanda awan yang mengumpal seperti bunga kol menjulang tinggi dengan warna agak gelap jika akan terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

"Untuk itu masyarakat perlu mewasdai dengan melihat tanda-tanda awan yang mengumpal seperti bunga kol dan menjulang tinggi dengan warna agak gelap. Segera siap-siap akan terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan biasanya didahului oleh angin kencang" ujar Nasrullah.

Adapun, daerah di Indonesia yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem, sebagian Aceh, sebagian Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, hingga sebagian Kalimantan Barat.

"Kemudian, sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tengah, dan sebagian Papua dan Papua Barat," katanya.

Disadur dari iNews.id

BMKG Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Indonesia


Loading...