Sebanyak 11 Mahasiswa Unhas Terlibat Dalam Program KKN Tematik Covid-19, Ajak Masyarakat Adaptasi Kebiasaan Baru

Sebanyak 11 Mahasiswa Unhas Terlibat Dalam Program KKN Tematik Covid-19, Ajak Masyarakat Adaptasi Kebiasaan Baru
(Suara.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 25 September 2020 11:09 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 11 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) terlibat dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19. Diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Salah seorang peserta, Aulia Puji Astuti, mahasiswa Fakultas MIPA Unhas menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program Relawan Covid-19 Nasional (RECON). Bertujuan memaksimalkan peran mahasiswa dalam kondisi pandemi.

Aulia menuturkan, program tersebut juga dimaksudkan sebagai bentuk aksi nyata dalam mendorong masyarakat melakukan perubahan perilaku. Agar disiplin dan menaati protokol kesehatan dengan pendampingan oleh mahasiswa.

Sebelum melaksanakan pengabdian, mahasiswa terlebih dahulu diberikan pembekalan secara daring sesuai tema umum dan tema khusus Covid-19.

Pelaksanaan KKN Tematik Covid-19 memiliki target dengan mengisi buku harian pelaksanaan komunikasi, informasi, dan edukasi untuk adaptasi kebiasaan baru, refleksi perubahan perilaku masyarakat, video dan tulisan untuk kampanye adaptasi kebiasaan baru.

KKN Tematik Covid-19 merupakan aktualisasi kolaborasi Ditjen Dikti Kemdikbud bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rektor Perguruan Tinggi dan pemangku kepentingan terkait hingga tingkat daerah.

Program kolaborasi KKN Tematik berfokus pada Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) serta untuk adaptasi kebiasaan baru.

Program KKN Tematik dilaksanakan dengan 3 jenis program, yakni KKN Tematik Covid-19 Daring, KKN Tematik Covid-19 Luring, KKN Tematik Literasi dan Numerasi (secara daring dan luring).

"Pelaksanaan pengabdian berlangsung selama satu bulan. Sehingga, dalam waktu sebulan tersebut kita berharap ada perubahan pola perilaku masyarakat dalam menyikapi Covid-19," jelas Aulia, Jumat (25/9/2020).


Sebagai aktualisasi pelaksanaan KKN Tematik tersebut, telah dilakukan secara resmi penerimaan 11 mahasiswa Unhas oleh Muhammad Zuud Arman, Lurah Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Disadur dari Suara.com

Pandemi Virus Corona KKN Tematik Covid-19 Recon Unhas


Loading...