MotoGP San Marino 2020, Pebalap Yamaha Kuasai Deretan Depan Posisi Start GP San Marino, ini yang Dikatakan Rossi

MotoGP San Marino 2020, Pebalap Yamaha Kuasai Deretan Depan Posisi Start GP San Marino, ini yang Dikatakan Rossi
(BolaSport.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Minggu, 13 September 2020 08:41 WIB

Terasjabar.id - Maverick Vinales memimpin pesta para pebalap Yamaha seusai merebut pole position.

Para pebalap Yamaha memang merajai kualifikasi MotoGP San Marino 2020.

Mereka berada hingga empat besar terdepan.  

tribunnews
Maverick Vinales menjadi tercepat dalam latihan bebas MotoGP di Qatar (Instagram @motoGP)

Para pebalap Yamaha tampil luar biasa pada sesi kualifikasi MotoGP San Marino 2020 yang berlangsung di Sirkuit Misano pada Sabtu (12/9/2020).

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, meraih pole position seusai membukukan waktu lap tercepat 1 menit 31,411 detik atau unggul 0,3 detik dari rider Petronas Yamaha, Franco Morbidelli di urutan kedua.

Sementara itu, posisi ketiga diisi oleh pebalap Petronas Yamaha lainnya, Fabio Quartararo.

Adapun rekan setim Maverick Vinales, Valentino Rossi, menggenapi empat rider tercepat.

Jalannya sesi kualifikasi MotoGP San Marino 2020

Beberapa pembalap langsung turun ke lintasan untuk mencoba membukukan waktu lap tercepat pada sesi kualifikasi 1 (Q1) MotoGP San Marino 2020.

Pebalap Aprilia, Aleix Espargaro memanaskan persaingan dengan menduduki posisi sebagai pembalap tercepat saat Q1 sudah berjalan selama empat menit.

Dia membukukan waktu lap tercepat dengan 1 menit 32,295 detik atau unggul 0,3 detik dari adiknya yang memperkuat tim Red Bull KTM, Pol Espargaro.

10 menit tersisa, upaya Pol Espargaro melalui flying lap-nya membuahkan hasil dengan membawanya menggusur posisi Aleix Espargaro dengan beda 0,1 detik.

Persaingan antara duo Espargaro tersebut berlangsung hingga memasuki lima menit terakhir, sementara pembalap Ducati, Danilo Petrucci menguntit keduanya di urutan ketiga.

Persaingan kian memanas saat para pembalap melakukan run kedua mereka, meski demikian belum ada yang mampu menggusur catatan waktu lap milik Pol Esparagaro dengan 1 menit 32,159 detik.

Memasuki masa time attack, pebalap asal Spanyol itu mampu mempertajam catatan waktunya lap tercepatnya menjadi 1 menit 32,064 detik atau menjadi unggul 0,2 detik dari Aleix Espargaro.

Dan akhirnya rider KTM Tech3, Miguel Oliveria berhasil menemai Pol Espargaro untuk melaju ke babak Q2 usai menggusur posisi Aleix Espargaro.

Q2 berlangsung, pembalap milik tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales membuka persaingan dengan menempati posisi pertama pebalap tercepat.

Maverick Vinales membukukan waktu lap tercepat 1 menit 32,130 detik atau unggul 0,3 detik dari Francesco Bagnaia dari tim Pramac Racing di urutan kedua.

Saat sesi Q2 berjalan empat menit Pol Espargaro mengalami nasib sial lantaran mengalami crash tatkala memacu motornya dalam kecepatan tinggi di tikungan 15 Sirkuit Misano.

Di sisi lain, rekan satu tim Maverick Vinales, Valentino Rossiberhasil mempertajam catatan waktunya untuk menempati posisi kedua dari sebelumnya dia hanya bertengger di urutan kelima.

Sementara rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo mengambil momentum Vinales dengan menduduki posisi sebagai pembalap tercepat.

Rider asal Prancis itu membukukan waktu lap 1 menit 31, 791 detik atau unggul 0,086 detik dari Valentino Rossi di urutan kedua, hasil tersebut bertahan hingga memasuki lima menit terakhir.

Setelah mereda beberapa saat lantaran para pembalap kembali ke dalam pitbox masing-masing, persaingan memanas lagi seusai Maverick Vinales kembali menduduki posisi sebagai pembalap tercepat.

Memasuki masa time attack, Maverick Vinales masih menempati posisi terdepan, sementara rekan satu tim Fabio Quartararo, Franco Morbidelli turut memeriahkan pesta Yamahadengan berada di urutan keempat.

Hingga bendera finis dikibarkan, Maverick Vinales masih mampu menjaga posisinya dengan dikuntit dengan ketat oleh Franco Morbidelli.

Sementara, Fabio Quartararo dan Valentino Rossi secara berurutan mengakhiri babak Q2 MotoGP San Marino 2020 dengan berada di urutan ketiga dan keempat.

Kekuatan Yamaha Versi Rossi

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengungkap kekuatan kuda besinya yang kian kompetitif selama menjalani rangkaian sesi pada seri balap MotoGP San Marino 2020, akhir pekan ini.

Performa Valentino Rossi bersama motor YZR-M1 meningkat dalam tiga sesi latihan bebas alias free practice (FP) MotoGP San Marino 2020 yang berlangsung di Sirkuit Misano.

Setelah berada di posisi keenam pada hasil kombinasi FP hari pertama MotoGP San Marino 2020, penampilan Rossi melesat saat turun pada FP3.

Dalam sesi yang berlangsung pada hari Sabtu (12/9/2020) sore WIB tersebut, Rossi mampu tampil sebagai pembalap tercepat dengan catatan waktu lap 1 menit 31,861 detik.

Membaiknya performa rider berjulukan The Doctor itu tak lepas dari perasaan oke dan nyaman yang dia ungkap setelah menyelesaikan dua sesi FP pertama.

"Hari pertama berjalan baik, aspek paling positif adalah Yamaha telah jauh lebih kompetitif di sini (Misano) daripada di Austria, situasinya benar benar berbeda," kata Valentino Rossi, dikutip dari GP One.

Lebih lanjut, Rossi juga tak segan membongkar kekuatan motornya yang tampil cepat dan klop dengan karakter lintasan Sirkuit Misano.

Meski lintasannya sempit, pebalap berusia 41 tahun itu menilai beberapa fast corner di lintasan Misano yang kini memiliki aspal baru akan menjadi salah satu kekuatan motornya saat balapan nanti.

Hal itu tak lepas dari fakta bahwa motor Yamaha memang lebih lincah ketika melaju di tikungan ketimbang saat beradu kecepatan tertinggi di lintasan lurus.

"Sirkuit ini adalah sirkuit yang sempit dan rumit, motor M1 sangat stabil terutama saat melaju di fast corner," tutur Rossi.

"Saya rasa hal ini akan membantu kami dan itu akan menjadi kekuatan tersendiri bagi kami," kata dia menambahkan.

Kendati demikian, rekan satu tim Maverick Vinales itu tak menampik bahwa dia sempat mengalami kesulitan untuk menemukan sentuhan terbaik ,terutama saat turun pada sesi FP1.

"Pada sesi pagi saya mengalami lebih banyak kesulitan, tetapi pada sesi selanjutnya saya mampu tampil lebih baik dan konsisten," ucap Rossi.

Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2020.

1. Maverick ViƱales (Monster Yamaha)

2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)

3. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha)

4. Valentino Rossi (Monster Yamaha)

5. Jack Miller (Pramac)

6. Francesco Bagnaia (Pramac)

7. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

8. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

9. Andrea Dovizioso (Ducati)

10. Johann Zarco (Reale Avintia)

11. Pol Espargaro (Red Bull KTM)

12. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3)

13. Aleix Espargaro (Aprilia)

14. Takaaki Nakagami (LCR Honda)

15. Danilo Petrucci (Ducati)

16. Brad Binder (Red Bull KTM)

17. Tito Rabat (Reale Avintia)

18. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3)

19. Stefan Bradl (Repsol Honda)

20. Bradley Smith (Aprilia)

21. Alex Marquez (Repsol Honda)



Disadur dari Tribunjabar.id

Maverick Vinales MotoGP San Marino 2020 Para Pebalap Yamaha


Loading...