Rakor Pusat dan Daerah Bahas Percepatan Program Pertashop Kerjasama Kemendagri - PT Pertamina

Rakor Pusat dan Daerah Bahas Percepatan Program Pertashop Kerjasama Kemendagri - PT Pertamina
Rapat Koordinasi Virtual Pusat dan Daerah Dalam Rangka Percepatan Pelaksanaan Program Pertashop Kerjasama Kemendagri Dengan PT. Pertamina Tahun 2020
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 10 September 2020 15:05 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Rapat Koordinasi Virtual Pusat dan Daerah Dalam Rangka Percepatan Pelaksanaan Program Pertashop Kerjasama Kemendagri Dengan PT. Pertamina Tahun 2020 berlangsung melalui video conference diikuti Sekda Kuningan DR H Dian R Yanuar didampingi Kepala DPMD Kab Kuningan dan Imat Masriadi S.IP., M.Si, Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD di ruang kerja Sekda, Rabu (09/09/2020).

Dalam rapat virtual tersebut nampak hadir Sekjen Dalam Negeri, Komisaris Tanah PT. Pertamina Persero , Direktur Utama PT. Pertamina Persero, Gubernur provinsi se-Indonesia dan Bupati/Walikota se-Indonesia. Kebijakan program pertashop merupakan kolaborasi kebijakan yang diinisiasi oleh kemendagri dengan PT Pertamina persero.

Pertashop atau pom bensin mini adalah lembaga penyalur Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM, elpiji, dan pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain. Tujuannya menumbuh kembangkan desa, agar memiliki jiwa entrepreneur. Pertamina akan memprioritaskan lembaga desa dan usaha UMKM sebagai pengelola Pertashop, sejalan dengan Program Pertamina One Village One Outlet, sehingga nantinya pemerintahan desa memiliki pusat ekonomi baru.

Komisaris PT.Pertamina Persero Condrokirono mengatakan, rapat ini merupakan evalusi sekaligus sosialisasi program pemerintah yaitu pembangunan-jaringan di desa-desa. Diharapkan ketersediaan BBM non subsisdi sehingga keterjangkauan masyarakat desa lebih efisien dan terpenuhi terutama masalah jarak. Program ini dimulai sejak Februari 2020, dan Pertamina dipilih sebagai mitra kerja Kemendagri karena pertamina merupakan perusahaan energi nasional, yang sahamnya dimiliki pemerintah RI.

Sekda Kuningan DR H Diab RY menyambut baik program pertashop ini, manfaatnya melalui program ini masyarakat yang jauh dari jangkauan pertamina berkaitan dengan BBM, Elpiji dan minyak pelumas akan mendapatkan kemudahan. Maksudnya dari akses jarak akan lebih dekat dan jaminan yang ditawarkannya bekerjasama dengan mitra atau bumdes. Hal tersebut dapat mengefektifkan bumdes dan program ini akan disosialisaskian dengan dinas yang terkait. (H WAWAN JR)

PT Pertamina Rapat Koordinasi Virtual Program Pertashop Kerjasama Kuningan


Loading...