Kecelakaan Lift di RS Unisma Malang Jatuh, 4 Orang Tewas Meninggal Dunia di Lokasi Kejadian dan 6 Luka Berat

Kecelakaan Lift di RS Unisma Malang Jatuh, 4 Orang Tewas Meninggal Dunia di Lokasi Kejadian dan 6 Luka Berat
Ilustrasi (Penanegeri.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 9 September 2020 13:25 WIB

Terasjabar.id - Kecelakaan lift jatuh di Rumah Sakit Universitas Islam Malang (Unisma) diduga akibat kelalaian kerja. Akibat kecelakaan tersebut, empat pekerja meninggal dunia di lokasi kejadian, dan enam orang lainnya luka berat dan tengah dalam perawatan.

Kasatreskrim Polresta Malang Kota, AKP Azi Pratas Guspitu mengungkapkan, sejumlah pihak telah dimintai keterangan guna penyelidikan kecelakaan tersebut. Tim Labfor Polda Jatim diterjunkan guna identifikasi alat bukti di lokasi kejadian.

"Kalau lihat keterangan saksi di TKP ini lalai dari pekerjaan. Karena lift yang dibuat peruntukannya untuk barang, bukan untuk dinaiki orang yang muatannya banyak. Sehingga talinya enggak kuat menahan beban yang dinaiki pekerja 11 orang, melebihi muatan sehingga talinya putus," kata AKP Azi Pratas Guspitu di Mapolresta Malang Kota, Rabu (9/9).

Penyidik telah meminta keterangan lima orang saksi dari keluarga korban serta empat pekerja bangunan yang selamat. Pemeriksaan terus berkembang dengan memanggil saksi lain yang dibutuhkan dalam penyelidikan tersebut, termasuk rekanan.

"Nanti kita lihat hasil pemeriksaan selanjutnya seperti apa, akan kami panggil," tegasnya.

"Belum ada penetapan tersangka, sekarang kami masih periksa saksi-saksi. Hasil dari pemeriksaan dari penyidik seperti apa kalau ada tersangka ya nanti kami tetapkan tersangka dengan mekanisme dan prosedur yang kami jalani," terangnya.

Para pekerja tersebut akan melanjutkan pekerjaan setelah beristirahat menuju lantai 9. Sebanyak 11 orang menggunakan lift barang sebelum kemudian string putus dan terjatuh bersama penumpangnya.

"Mungkin lebih cepat untuk menghemat waktu maka lewat lift itu, yang biasa dipakai sehari-hari barang. Walaupun ada orangnya tapi enggak sebanyak itu, maksimal 5," ungkapnya.

Akibat kejadian tersebut 10 orang menjadi korban dengan empat di antaranya meninggal dunia dan enam luka berat. Korban luka berat masih menjalani perawatan di RS Unisma dan lainnya dirujuk ke RS Batu dan RSSA. "Mereka patah tulang bagian kaki dan tangan," tegasnya. 

Disadur dari Merdeka.com 

Kecelakaan lift RS Unisma Korban Meninggal Dunia Perawatan


Loading...