Sejumlah Polwan di Polda Sumsel Terjun ke Pasar, Memberikan Edukasi Disiplin Protokol Kesehatan

Sejumlah Polwan di Polda Sumsel Terjun ke Pasar, Memberikan Edukasi Disiplin Protokol Kesehatan
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 19 Agustus 2020 13:36 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah Polisi Wanita (Polwan) dari Polda Sumatera Selatan (Sumsel) turun ke jalan. Mereka hadir untuk menegakkan disiplin penggunaan masker di pasar tradisional untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kegiatan penegakan disiplin penggunaan masker dan protokol kesehatan antisipasi Covid-19 di pasar tradisional di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya," kata Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, Rabu (19/8/2020).

Eko menambahkan, kegiatan itu digelar pada Selasa (18/8/2020). Anggota Polwan memberikan penjelasan kepada pedagang pasar dan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan antisipasi penularan Covid-19.

"Dengan selalu mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik," kata dia.

Eko melanjutkan, protokol kesehatan itu perlu diterapkan dalam berbagai aktivitas di luar rumah termasuk pergi ke pasar.

"Jika masyarakat tidak disiplin maka penyebaran Covid-19 sulit dihentikan dan bisa menimbulkan korban jiwa yang lebih besar," kata dia.

Untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan, Polri juga berupaya membantu pemerintah daerah menegakkan peraturan. Bagi masyarakat yang terbukti melakukan pelanggaran maka akan disanksi.

Untuk diketahui, Peraturan gubernur (pergub) Sumsel akan segera diberlakukan. Pergub ini mengatur penerapan protokol kesehatan dengan kegiatan sosialisasi dan penegakan disiplin penggunaan masker.

Jika terbukti melanggar protokol kesehatan, warga akan dijerat sanksi seperti kerja sosial dan denda hingga Rp500.000.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Protokol Kesehatan Polda Sumatera Selatan Pasar Tradisional


Loading...