Advertisement

Desa Cileuya Kec Cimahi Miliki Gedung Kantor Baru

Desa Cileuya Kec Cimahi Miliki Gedung Kantor Baru
Peresmian gedung Kantor Desa Cileuya Kec Cimahi. ditandai gunting pita oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama
Editor: Malda Teras Kuningan —Senin, 10 Agustus 2020 13:09 WIB

Terasjabar.id, Kuningan - Pemerintahan Desa Cileuya, Kec Cimahi Kuningan kini memiliki gedung kantor refresentatif, yang pembangunannya dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2018 dengan biaya Rp 793.522.200 diperoleh dari dana desa dan swadaya masyarakat. Gedung berlantai dua berukuran 18 X 5,25 Meter dan 6 X 2, 8 meter itu, dilengkapi ruang Kades, ruang staf pamong dan ruang PKK. Selain itu, diadakan pengeboran dua unit sumur, dalam upaya mengantisifasi masalah rawan air bersih yang kerap melanda 4 dusun di Desa Cileuya, terutama bila musim kemarau tiba.

Hal itu diungkapkan Kades Cileuya Warjo, SE disela sela peresmian gedung kantor secara simbolis oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH., MH., Sabtu (08/08/2020). Acara peresmian ditandai gunting pita oleh Bupati H Acep Purnama dihadiri Kepala Dinas terkait, DPMD, BPN, Ketua APDESI, Kepala Inspektorat Drs Deniawan, M.SI, Camat Cimahi M Reza, S.STP., M.Si dan para undangan.

Gambar

Bupati H Acep Purnama saat menandatangani Prasasti gedung kantor desa Cileuya Kec Cimahi

Kades' Warjo, SE menuturkan, berbagai kegiatan yang menunjang pembangunan desa antara lain, aktivitas pemuda desa membuat film dan mengelola desa wisata. Melalui kegiatan ini diharapkan pada gilirannya bisa meramaikan sektor wisata di Kab Kuningan sekaligus memberi konstribusi untuk desa. Target kedepan Desa Cileuya lebih maju dan menjadi desa “masagi” yang mandiri, agamis, sejahtera, gotong royong dan birokrasi, ujarnya..

Terpisah Camat Kec Cimahi M Reza, S.STP. M.Si menjelaskan, ihwal pajak bumi dan bangunan (PBB) Alhamdulillah khususnya desa Cileuya merupakan desa tercepat melunasi pembayaran pajak bumi dan bangunan.Termasuk 10 desa di Kec Cimahi berhasil melunasi kewajiban membayar pajak, pada tanggal 15 Julu 2020, terang Reza.

Gambar

Penyerahan Sertifikat PTSL secara simbolis okeh Bupati H Acep  kepada perwakilan warga desa Cileuya

Sementara itu, H Acep Purnama mengapresiasi kinerja aparat desa Cileuya bersama warganya, yang telah menyelesaikan pembangunan gedung kantor desa. Hal ini menunjukan adanya partisifasi dan pemberdayaan masyarakat. Pembangunan gedung kantor desa Cileuya ini sebut Acep, dirasa cukup representatif dan strategis untuk mengurusi segala aspek dan melayani masyarakat. Desa Cileuya mendapatkan program PTSL, yakni Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap. Dikatakan PTSL karena setiap tanah di Kab Kuningan cukup luas dengan hanya surat bukti SPPT. Namun hal tersebut sebenarnya bukan alat sah kepemilikan sebuidang tanah. Terkait PTSL, dulu disebut PRONA AGRARIA merupakan program pemerintah Indonesia dalam pensertifikatan 1 juta bidang tanah, dan Kuningan mendapat kuota 50.000 bidang tanah termasuk Desa Cileuya. Untuk itu jangan sia-siakan program PTSL ini. Melalui PTSL pengelolaan tanah jadi semakin mudah,. Kebijakan pensertifikatan tanah ini papar Acep, membuktikan keabsahan kepemilikan tanah secara hukum, legal, formal dan aman. Dengan sertifikat tersebut nilai aset tanah akan meningkat. Harapan kedepan Kab Kuningan dan Desa Cileuya lebih maju dari segala aspek dan dapat berkembang ke arah yang lebih baik. Untuk mewujudkan hal itu, perlu dukungan dan peran serta masyarakat semua, agar segala harapan dapat terwujud dengan baik, tegasnya. (H WAWAN JR)

Desa Cileuya cimahi Kantor Baru


Related Post



Loading...