Advertisement

Ugin Lugina : Lomba Memakmurkan Mesjid Sehat Di Era Pandemi Covid-19

Ugin Lugina : Lomba Memakmurkan Mesjid Sehat Di Era Pandemi Covid-19
Ketua DMI Kuningan dan Tim Penilai Lomba Masjid saat audiensi di ruang kerja Bupati H Acep Purnama Rabu (5/8-2020)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 6 Agustus 2020 09:46 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - DMI memiliki program lomba masjid sehat lomba manajemen masjid dan sahabat masjid yang merupakan mitra untuk menjadi partner dalam kegiatan memakmurkan masjid. Demikian paparan Ketua DMI Kuningan Drs H Ugin Lugina, M.Pd didampingi panitia Lomba Masjid Sehat dan Berprestasi kepada Bupati H Acep Purnama saat bersilaturahmi diruang kerjanya Rabu (05/08-2020).

Kegiatan penilaian mesjid ini agenda rutin tahunan untuk menilai mesjid se-Kabupaten Kuningan. Dengan tujuan memakmurkan masjid dan fokus pada masjid sehat. Sehat dalam arti mengikuti protokol kesehatan, tata kelola program kebersihannya, terencana, dan berprestasi, terang Drs.H. Ugin Lugina,M.Pd.

(Ketua DMI Kuningan dan Tim Penilai Lomba Masjid saat audiensi di ruang kerja Bupati H Acep Purnama Rabu (5/8-2020))

Bupati H Acep Purnama memgapresiasi terhadap semua sisi, terutama dalam kebijakan-kabijakan yang dikeluarkan. Melihat masih banyaknya mesjid dengan bangunan yang sudah baik tetapi masih kurang terurus dengan terkendala pada pengurus sebagai pengelola. Peningkatan kesadaran akan makna dari mesjid itu sendiri memang perlu ditingkatkan. Sehingga dapat mempertebal tingkat keimanan pada masyarakat.

“Diharapkan Kabupaten Kuningan dapat menjadi kabupaten dengan ribuan masjid dan mushala dengan manajemen mesjid yang baik, sehingga semua aspek terkait juga dapat menjadi baik”. tuturnya.

Sementara itu, Drs H Ugin Lugina menambakan pada lomba mesjid sehat ini, untuk tata cara penilaiannya diserahkan kepada pihak dari DMI. Sejak awal agustus 2020 setiap masjid, diseleksi, dan dinilai sampai tahap 5 besar.

(Inilah Masjid Agung Syiarul Islam kota Kuningan, yang akan ditata ulang terkait revitalisasi Taman Kota Kuningan)

Kriteria Penilaian yaitu, keberadaan kepengurusan DKM, pengelolaan manajemen, majelis taklim, remaja masjid, dan taman pendidikan alquran. Selain itu, penerapan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19, juga masuk kriteria penilaian. Masjid yang menerapkan protokol kesehatan dalam penanganan covid-19 mendapat kridit point (nilai tambahan). Tim Penilai Lomba masjid akan menetapkan Juara 1-2-3 dan keputusan Juri mutlak. Insya Allah awal September 2020 hasil penilaian lomba masjid sehat masuk agenda pada moment peringatan Hari Jadi Kuningan Ke-522 tanggal 1 September 2020.

(H WAWAN JR)

Ketua DMI Kuningan Pandemi Virus Corona Masjid Program Masjid Sehat Lomba Manajemen Masjid dan Sahabat Masjid


Related Post



Loading...