Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon, Begini Foto Satelit Penampakan Sebelum dan Sesudah Kejadian

Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon, Begini Foto Satelit Penampakan Sebelum dan Sesudah Kejadian
(detikNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 6 Agustus 2020 08:33 WIB

Terasjabar.id - Foto satelit beresolusi tinggi mengungkap foto lokasi ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Tampak perbedaan kontras setelah ledakan yang menghasilkan gempa bermagnitudo 3,5 itu terjadi.

Gambar satelit milik perusahaan Amerika Serikat Maxar menunjukkan lokasi pelabuhan masih tertata rapi dengan beberapa gudang besar yang berjejer. Di foto, tampak gudang-gudang itu beratap putih dan abu-abu.

Bangunan di sekitar pelabuhan juga terlihat rapi dengan gedung-gedung serta bangunan lain. Lokasi pelabuhan hanya berjarak beberapa kilometer dari pusa ibu kota.

Foto satelit pelabuhan Beirut, Lebanon, sebelum ledakan (Foto: Maxar)
Foto satelit pelabuhan Beirut, Lebanon, sebelum ledakan (Foto: Maxar)

Sementara foto setelah ledakan menunjukkan kondisi kontras, hampir semua bangunan di pelabuhan rata dengan tanah, hanya menyisakan tigaa atau empat gudang yang tampaknya sudah tidak utuh lagi.

Pemandangan yang sama terlihat di luar pelabuhan di mana bangunan-bangunan berubah menjadi berwarna hitam dan hancur.

Foto satelit pelabuhan Lebanon setelah ledakan (Foto: Maxar)
Foto satelit pelabuhan Lebanon setelah ledakan (Foto: Maxar)

Gambar juga menunjukkan lubang besar yang sudah berisi air laut di samping bangunan. Di seberang dermaga, tampak sebuah kapal penumpang, Orient Queen. Posisi awal kapal sebenarnya tidak di tempat itu namun terlempar akibat dampak ledakan. Sementara kapal lain hancur.

Di gudang pelabuhan tersimpan 2.750 ton amonium nitrat, bahan yang memicu ledakan, disimpan selama 6 tahun tanpa pengamanan.Ledakan bermula dari kebakaran di satu bangunan sebelum menyebar ke gudang yang menyimpan bahan kimia.

Dahsyatnya ledakan menyebabkan dentumannya didengar sampai ke Nicosia, Siprus, berjarak 240 kilometer dari lokasi kejadian.

Seorang analis dan ahli senjata perusahaan intelijen swasta yang berbasis di Texas, Amerika Serikat, Stratfor, mengatakan, berdasarkan analisis dari lubang serta kaca jendela yang tertiup, kekuatan ledakan itu setara dengan setidaknya 2,2 kiloton TNT.

Disadur dari iNews.id

Ledakan Beirut Lebanon Trending Topic Foto Satelit


Loading...