Advertisement

Bank Indonesia KPW Cirebon Salurkan Bea Siswa Bagi Uniku Dan IAI

Bank Indonesia KPW Cirebon Salurkan Bea Siswa Bagi Uniku Dan IAI
Pimpinan BI KPw Cirebon Bakti Artanta bersama Rektor Uniku dan IAI Cirebon, seusai penandataganan nota kerjasama di Lt 2 BI KPw Virebon, Kamis (30/07-2020)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 30 Juli 2020 22:59 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Bank Indonesia kantor perwakilan wilayah (KPW) Cirebon menyalurkan bantuan beasiswa bagi Universitas Kuningan (Uniku) dan Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon, di Lantai 2 Gedung BI KPW Cirebon, diawali penandatanganan nota kesefahaman Kamis (30/07/2020).

Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., disea acara mengungkapkan, tidak sedikit mahasiswa mengalami kesulitan dalam hal biaya kuliah dimasa pandemi covid 19. Uniku berkomitmen memfasilitasi mahasiswa melalui berbagai beasiswa, dengan menggandeng Bank Indonesia. “Uniku salah satu Universitas yang menyelenggarakan pendidikan dengan biaya yang relatif terjangkau, akan tetapi dari segi kualitas, Insya Allah kita mampu bersaing di tingkat regional, nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Menurut Dikdik sapaan akrabnya, peringkat Uniku di Indonesia menurut Kemendikbud RI tahun 2019 berada diperingkat 155 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.Bahkan "Rilis terbaru, Uniku berada di peringkat 113 nasional, posisi 17 di Jawa Barat dan kedua terbaik di wilayah Ciayumajakuning sebagai kampus terpopuler versi Unirank tahun 2020,” Raihan prestasi ini merupakan indikasi bahwa Uniku mampu bersaing, imbuhnya.

“Sudah tiga (3) tahun mengikuti UI Green Metric sebagai kampus yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Alhamdulillah, Uniku sebelumnya di peringkat 64, tahun 2019 bergeser berada di posisi ke 54 UI Green Metric se-Indonesia,” ujarnya.

Dari sisi prestasi mahasiswa Uniku, pernah meraih juara pertama duta bahasa nasional, mahasiswa berprestasi pertama tingkat jawa Barat dan Banten, menempati peringkat ke 4 national university debating championship (NUDC),” jelasnya.

Dari jumlah mahasiswanya, Uniku hingga saat ini sebanyak 6.744 mahasiswa yang berasal dari 9 provinsi dan 30 Kabupaten kota di Indonesia.

“Sehingga dengan beasiswa ini, semoga bisa membantu mahasiswa Uniku. Alhamdullilah kita sudah diberi fasilitas BI corner yang sudah kita tempatkan di perpustakaan,” tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan Bank Indonesia (BI) KPW Cirebon Bakti Artanta, mengungkapkan, pemberian beasiswa merupakan salah satu strategi untuk mendukung akademisi agar dapat memberikan kemajuan daerah Ciayumajakuning khususnya
untuk perguruan tinggi swasta (PTS).

“Beasiswa yang diberikan oleh BI ini dimulai pada tahun 2019. Ini merupakan perkembangan, suatu kemajuan suatu komitmen pengembangan sumber daya manusia,” tuturnya.

Menurutnya, masih banyak peluang-peluang yang bisa dibuat untuk beberapa waktu kedepan dengan berbagai bentuk kerjasama lainnya.

“BI bersyukur karena diberi amanah untuk bisa menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi swasta (PTS) di Ciayumajakuning,” ujarnya.

Lebih jauh, Bakti menjelaskan, bahwa selumnya ada tiga (3) PTS yang menerima beasiswa tersebut. Sekarang ditambah dua (2) lagi PTS yaitu Uniku dan IAI Bunga Bangsa yang menerima beasiswa bagi mahasiswa dan mahasiswi.

“Mudah-mudahan, semoga kedepan semakin banyak perguruan tinggi yang bisa bergabung agar bisa berkontribusi terhadap perekonomian. Alhamdullilah, kita hari ini bisa melakukan kerjasama selama 2 tahun kedepan,” jelasnya.

Kedepan, akan kami bentuk atau diikut sertakan dalam kelompok generasi baru Indonesia (bagi mahasiswa yang mendapat beasiswa) akan diberikan pembekalan terkait BI pendidikan karakter. “Salah satu program kami yang mungkin bisa menjadi bentuk kerjasama nanti yaitu digitalisasi sistem pembayaran,” pungkasnya.

(H WAWAN JR)

Bank Indonesia KPW Cirebon Uniku IAI


Related Post



Loading...