Meski Berada di Lingkungan Secapa AD, Kecamatan Cidadap Justru Masuk Zona Biru

Meski Berada di Lingkungan Secapa AD, Kecamatan Cidadap Justru Masuk Zona Biru
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Rabu, 15 Juli 2020 14:22 WIB

Terasjabar.id - Berdasarkan data pusat informasi Covid-19 (Pusicov) Kota Bandung, Kecamatan Cidadap masuk dalam zona biru atau tidak ada kasus pasien positif aktif Covid-19.

Padahal, Kecamatan Cidadap menjadi lokasi Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang ribuan siswanya dinyatakan positif aktif Covid-19.

Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, Kecamatan Cidadap memang tidak ada warga yang berstatus positif Covid-19.

Menurutnya, meskipun Secapa AD yang jadi cluster baru penyebaran Covid-19 masuk dalam Kecamatan Cidadap, namun data anggota TNI yang positif itu tidak masuk ke dalam data penyebaran Covid-19 Kota Bandung.

"Data Secapa terpisah saat ini, tidak ada laporan penambahan kasus di Kecamatan Cidadap, semoga (warga) tidak terpapar," ujar Ahyani, saat dihubungi, Rabu (15/7/2020).

Sebelumnya, di Kecamatan Cidadap sendiri sempat ada delapan orang yang dinyatakan positif Covid-19. Namun, semuanya sudah dinyatakan sembuh tanpa adanya kasus kematian.

Meski Secapa AD menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, kata dia, kawasan itu relatif terkendali oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung.

"Karena kasus positif diluar secapa sebetulnya terkendali," katanya

Saat ini Kecamatan Cidadap hanya ada lima orang yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan dua orang yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Data yang saat ini dihimpun, kata dia, bersifat dinamis sesuai dengan pelacakan kasus dan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung.

Dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di tiga kelurahan kawasan Secapa AD, ia berharap pengendalian wabah Covid-19 di sana bisa semakin optimal.

"Itulah sebabnya kewaspadaan harus terus dijaga, level kewaspadaan diperlukan agar wilayah paham situasi," ucapnya.

Saat ini, PSBM diberlakukan di tiga kelurahan Kecamatan Cidadap. Di antaranya Kelurahan Hegarmanah, Kelurahan Cisatu, dan Kelurahan Panorama.

Selam PSBM akan ada 600 warga di wilayah itu yang bakal menjalani rapid test untuk memastikan penyebaran Covid-19 pasca adanya klaster baru Secapa AD. Pelaksanaan rapid test itu bakal digelar dari 15 Juli hingga 17 Juli 2020.

(Tribunjabar.id)

Virus Corona Covid 19 Cidadap Bandung


Loading...