BMKG Memperbarui Parameter Gempa Bumi yang Mengguncang Kepulauan Selayar Jadi M5,8, Berikut Penyebabnya

BMKG Memperbarui Parameter Gempa Bumi yang Mengguncang Kepulauan Selayar Jadi M5,8, Berikut Penyebabnya
Ilustrasi (Tirto.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 15 Juli 2020 09:21 WIB

Terasjabar.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperbarui parameter gempa bumi yang mengguncang Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (15/7/2020), pukul 06.33.58 WIB. Hasil analisis menunjukkan, gempa bumi di wilayah Laut Flores itu memiliki parameter update Magnitudo M5,8 dari sebelumnya M5,5.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dalam akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun atau normal fault," kata Rahmat dalam siaran pers.

Rahmat mengatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Denpasar dalam skala intensitas II MMI. Artinya, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Rahmat.

BMKG juga menyebutka, hingga Rabu pagi pukul 07.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan ada aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

BMKG merekomendasikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa. Kemudian, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa.

"Pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya.

Selain itu, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Disadur dari iNews.id

Gempa Bumi Kepualuan Selayar Provinsi Sulsel Bermagnitudo 5 5 BMKG


Loading...