Pandemi Virus Corona, Intuk Tekan Kasus Positif Covid-19 Bertambah, Ini Tips Pilih Masker yang Nyaman untuk Olahraga

Pandemi Virus Corona, Intuk Tekan Kasus Positif Covid-19 Bertambah, Ini Tips Pilih Masker yang Nyaman untuk Olahraga
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 12 Juli 2020 09:38 WIB

Terasjabar.id - Menggunakan masker adalah upaya pencegahan yang wajib Anda lakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona baru (Covid-19). Apalagi jika Anda berada di tempat publik dan berada di tengah keramaian seperti berolahraga di taman, car free day (CFD), atau tempat terbuka lainnya.

Memang, mengenakan masker saat berolahraga sebenarnya bukan ide yang bagus menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Oleh sebab itu, Anda membutuhkan masker yang nyaman ketika berolahraga dan tentu saja jaga jarak atau physical distancing satu hingga dua meter dari orang lain.

Lalu, masker seperti apa yang nyaman untuk berolahraga? Berikut tips memilihnya, seperti dilansir dari CNet, Minggu (12/7/2020).

Kain

Masker kain adalah pilihan tepat untuk orang sehat yang ingin keluar rumah. Sementara masker medis diperuntukkan untuk para tenaga kesehatan. Saat ini, masker kain juga telah banyak diproduksi, dengan berbagai merek, desain dan material, yang tak hanya sebagai proteksi tetapi juga fashion item.

Tentunya saat memilih masker kain, Anda ingin yang nyaman. Untuk berolahraga, Anda disarankan memilih masker yang bahannya mudah menyerap keringat seperti spandex atau polyester.

Ukuran

Berikutnya yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih masker kain untuk berolahraga adalah ukuran. Hindarilah masker yang longgar atau terlalu ketat. Pasalnya, masker yang longgar dapat membuat Anda tidak nyaman bergerak bebas. Pasalnya, masker akan mudah jatuh dan Anda akan lebih sering menyentuh masker.

Kemudian, masker yang terlalu ketat dapat membuat Anda sulit bernapas dan cepat lembap, sehingga berpotensi menimbulkan pertumbuhan bakteri. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan ukuran wajah Anda. Rasanya pas di hidung, mulut dan dagu Anda, sehingga Anda lebih terlindungi tapi tidak mengalami kesulitan napas.

Punya fitur antimikroba

Masker yang lembap dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Jadi, Anda disarankan memilih masker dengan beberapa jenis filter atau lapisan antimikroba. Walaupun fitur tersebut tak dapat membunuh virus, namun tak ada salahnya menambah perlindungan untuk diri Anda sendiri dan orang lain.

Menggunakan masker memang tak membuat Anda 100 persen terhindar dari virus corona, namun ini adalah langkah pencegahan terbaik sebelum ditemukannya vaksin resmi untuk Covid-19. Lalu, kombinasikan penggunaan masker dengan physical distancing satu hingga dua meter, serta cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Hal penting lainnya adalah menurunkan intensitas berolahraga ketika menggunakan masker. Tidak olahraga berlebihan, tetapi rutin untuk aktif bergerak yakni minimal 30 menit dalam sehari.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona CFD Pencegaham Olahraga


Loading...