Masjid Istiqlal Belum Akan Menggelar Salat Idul Adha 1441 H, Renovasi Belum Rampung

Masjid Istiqlal Belum Akan Menggelar Salat Idul Adha 1441 H, Renovasi Belum Rampung
(KataData : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 9 Juli 2020 13:32 WIB

Terasjabar.id - Masjid Istiqlal belum akan menggelar salat Idul Adha 1411 Hijriyah. Keputusan itu diambil setelah dilakukan rapat teleconference membahas persiapan salat Idul Adha.

"Pada intinya, Masjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk mengadakan salat Idul Adha," ucap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, usai rapat, Kamis (9/7).

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyatakan ada pertimbangan subyektif dan obyektif sehingga diputuskan bahwa masjid tersebut belum memungkinkan menggelar salat Idul. Salah satunya, karena renovasi Masjid Istiqlal hingga kini belum rampung.

"Kita dalam keadaan renovasi. Memang hampir selesai yakni 98 persen. Tapi masih ada tahap berikutnya yang belum selesai. Jadi terkait dengan pintu masuknya," jelasnya.

"Saya mohon betul perhatian masyarakat DKI Jakarta, kita belum bisa melakukan salat Idul Adha di Istiqlal," sambung Nadaruddin.

Dia menyebut bahwa persiapan pelaksanaan salat Idul Adha juga sangat mepet sementara renovasi masjid belum rampung. Selain itu, Nasaruddin menjelaskan ditiadakannya salat Idul Adha di Masjid Istiqlal juga demi keselamatan masyarakat.

Hal ini mengingat penyebaran virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta masih cukup tinggi. Atas pertimbangan itu, maka Istiqlal memutuskan untuk tidak menggelar salat Idul Adha.

"Kita kedepankan yang wajib baru sunnah. Karena itu Istiqlal berpendapat bahwa untuk kemaslahatan semuanya," kata Nadaruddin.

Disadur dari Merdeka.com 

Masjid Istiqlal Pandemi Virus Corona Perayaan Salat Idul Adha 1441 H


Loading...