Tahun Ajaran Baru, Disdik Kota Bandung Siapkan MPLS Virtual

Tahun Ajaran Baru, Disdik Kota Bandung Siapkan MPLS Virtual
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 6 Juli 2020 15:03 WIB

Terasjabar.id - Memasuki tahun ajaran baru 13 Juli 2020, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung terpaksa harus mengganti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), dari tatap muka menjadi virtual.

Sekertaris Disdik Kota Bandung, Cucu Saputra mengatakan, ada dua fase setiap tahu ajaran baru, pertama MPLS dan kedua kegiatan belajar mengajar.  Untuk MPLS virtual, pihaknya masih menyiapkan formulasi yang tepat.

Biasanya, kata dia, di tahun ajaran baru orang tua berbondong-bondong mengantarkan anaknya ke sekolah. Untuk tahun ini, karena masih pandemi Covid-19, Cucu mengimbau agar orangtua menunggu dulu instruksi pemerintah.

"Kedua fase itu seyogyanya, masyarakat tetap berada di rumah, jadi nanti kami akan siapkan formulasi MPLS virtual," ujar Cucu, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (6/7/2020).

Menurut Cucu, meski saat ini Kota Bandung sudah masuk zona biru, namun pendidikan menjadi sektor yang belum diberikan kelonggaran oleh Pemerintah Kota Bandung. Pihaknya masih menunggu evaluasi dari tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19.

"Tunggu (instruksi), kenapa (belum diberikan kelonggaran) karena anak-anak masih belum matang, misalkan anak-anak SD kelas 1, dijamin gitu jaga jaraknya, belum ke kantin bergerombol ke WC juga, teralau beresiko lah," katanya.

Kalau pun nantinya diberikan izin, kata dia, tidak langsung semua sekolah melakukan kegiatan belajar tatap muka. Sebab, masih ada beberapa daerah di Kota Bandung yang masuk zona merah.

"Kita sudah siapkan beberapa skenario, pertama full pembelajaran jarak jauh, melanjutkan apa yang sudah dilakukan selama tiga bulan terakhir, kedua sekolah tatap muka dengan segala kesiapan infrastruktur sesuai standar protokol kesehatannya," ucapnya.(Tribunjabar.id)




Bandung MPLS Virtual Disdik


Loading...