Ridwan Kamil : Tim Gugus Tugas Jangan Kendur

Ridwan Kamil : Tim Gugus Tugas Jangan Kendur
Suasana rapat virtual kewaspadaan diruang Linggarjati Setda Kuningan Jumat (3/07-2020)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 5 Juli 2020 11:08 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta kinerja Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat jangan kendur, meski saat ini angka kesembuhan pasien Covid-19 masih tinggi.

“Covid-19 ini masih lama, butuh stamina tinggi. Saat ini kasus impor mengancam Jabar, terus tingkatkan kewaspadaan, penanggulangan dan penanganan, jangan kendur,” imbuh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam rapat virtual evaluasi level kewaspadaan bersama gugus tugas se-Jabar yang digelar Jumat (3/7/2020).

(Suasana rapat virtual kewaspadaan diruang Linggarjati Setda Kuningan Jumat (3/07-2020))

Pihaknya saat ini tetap melakukan masif test. Untuk dua minggu kedepan, Pemprov Jabar akan fokus ke wilayah industri. Hal tersebut karena terjadinya kasus baru yang mengemuka di Unilever Bekasi. Terkait hal ini diminta kepada setiap kepala daerah di Jabar, untuk setiap industri besar melakukan test PCR secara mandiri kepada karyawan perusahaan secara random. “Minimal 10 % dari karyawannya secara acak, untuk memastikan tidak ada lagi anomali-anomali lain,” tegasnya.

Dalam hal penanggulangan dan penanganan Covid-19 di Jawa Barat, Emil mengatakan perlu adanya kerjasama seluruh Kabupaten/Kota terutama diwilayah perbatasan, ujarnya.

“Perlu adanya kerjasama antar daerah, perkuat kekompakan tim gugus tugas di Kabupaten/Kota masing-masing. Bagi gugus tugas yang masih rendah dalam penanganan akan terus kami berikan pembinaan, karena gugus tugas yang baik harus bisa menjalankan 6 tugas dan fungsi. Diantaranya, pencegaha, deteksi, manajemen fasilitas kesehatan, jaring pengaman sosial, operasi lapangan dan penegakan aturan, serta tata kelola dan kelembagaan,” paparnya.

Lebih jauh Kang Emil mengemukakan, berdasarkan hasil evaluasi Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Barat, kategori kinerja Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung mendapat peringkat pertama atas gencarnya upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Kinerja pendeteksian penyebaran Covid-19, Kota Bandung juga masih terbaik di Jabar. Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung juga dinilai yang terbaik untuk kinerja operasi lapangan dan penegakan aturan selama PSBB ataupun AKB, pungkas Emil.

Rapat virtual yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat itu, dimulai sejak Pukul 9.30 WIB hingga Pukul 11.00 WIB. Tim Gugus Tugas Kab Kuningan mengikuti rapat virtual di Ruang Rapat Linggajati, dihadiri Wabup H. M Ridho Suganda, Sekda DR.H Dian Rachmat Yanuar, M.Si unsur Forkopimda, para Asisten dan Kabag dilingkup Setda Kuningan, Kepala Dinas Kesehatan, Kadis Kominfo, Direktur RSUD 45, Kepala Pelaksana BPBD, serta undangan. (H WAWAN JR)

Gubernur Jawa Barat Pandemi Virus Corona Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19


Loading...