Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut mengatakan Saat ini Baru Sekitar 30 Persen Kawasan Wisata di Sumut yang Kembali Beroperasi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut mengatakan Saat ini Baru Sekitar 30 Persen Kawasan Wisata di Sumut yang Kembali Beroperasi
Ilustrasi (Tempat Wisata Seru : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 3 Juli 2020 10:14 WIB

Terasjabar.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, saat ini baru sekitar 30 persen dari total 217 destinasi/objek wisata di daerah tersebut yang kembali beroperasi. Salah satunya kawasan wisata Danau Toba di Simalungun.

"Yang buka pun masih bersifat uji coba dan kalau ditemukan tidak memenuhi protokol kesehatan, maka akan diinstruksikan kembali ditutup," ujar Kadisparbud Sumut Ria Novida Telaumbanua di Medan, Kamis (2/7/2020).

Dia menyebutkan, hingga saat ini di Sumut masih dalam transisi menuju normal baru. Karena belum ada arahan dari pemerintah pusat atas usulan konsep era normal baru yang diajukan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

"Makanya Pemprov Sumut terus melakukan sosialisasi agar saat era normal baru ditetapkan dan dimulai, semua masyarakat sudah memahami dan menjalankan kegiatan sesuai standar normal baru," katanya.

Kendati nanti sudah era normal baru, semua pelaku pariwisata harus menerapkan protokol kesehatan dalam melayani tamu.

Bagi pelanggar ketentuan, akan ada sanksi seperti ditutup kembali karena dikhawatirkan menyebarkan Covid-19.

Ria mengakui, akibat pandemi Covid-19 sektor pariwisata paling pertama dan merasakan dampak negatifnya.

Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arief Prasetyo menyebutkan, dampak Covid-19 mengakibatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Danau Toba anjlok.

"Hingga saat ini masih wisatawan lokal dan domestik yang datang ke Danau Toba," katanya.

Disadur dari iNews.id

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Pandemi Virus Corona Objek Wisata


Loading...