Seorang Penumpang dari Soekarno-Hatta Positif Covid-19 Bisa Masuk, Ini Penjelasan Garuda Indonesia

Seorang Penumpang dari Soekarno-Hatta Positif Covid-19 Bisa Masuk, Ini Penjelasan Garuda Indonesia
Tribunjakarta.com
Editor: Malda Hot News —Senin, 29 Juni 2020 09:51 WIB

Terasjabar.id - Seorang penumpang Garuda Indonesia terbukti positif Covid-19 setibanya di Bandara Domine Edward Sorong Papua.

Penumpang tersebut terbang menggunakan pesawat bernomor GA-682 dan mendarat di Bandara Domine Edward Sorong pada Sabtu (27/6/2020) sekitar pukul 06.20 WIT.

Sehubungan dengan itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak terkait soal lolosnya penumpang Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta.

"Perlu kiranya kami sampaikan bahwa seluruh penumpang Garuda Indonesia pada penerbangan tersebut telah memperoleh validasi dan clearance dari otoritas terkait perihal pemenuhan persyaratan protokol kesehatan bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan," jelas Irfan dalam keterangannya, Senin (29/6/2020) pagi.

Pasalnya, maskapai pelat merah tersebut akan terus memperkuat sinergitas bersama seluruh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan.

"Memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan optimal dengan senantiasa mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang," sambung Irfan.

Irfan melanjutkan, peran serta dan dukungan masyarakat untuk menjalankan prosedur protokol kesehatan penerbangan secara baik juga merupakan aspek penting.

Menurutnya, Garuda Indonesia juga telah menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin yang bertugas.

"Pada penerbangan tersebut melalui prosedur disinfeksi armada dan karantina mandiri sesuai ketentuan," kata Irfan.

"Penerbangan GA 682 rute Jakarta-Sorong dioperasikan dengan penerapan physical distancing, di mana tingkat isian penumpang berkisar di angka 62 persen dari total kapasitas pesawat," tutupnya.

Sementara, sampai berita ini dilayangkan, TribunJakarta.com belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Kantor Pelabuhan Kesehatan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta soal lolosnya penumpang yang dinyatakan positif Covid-19.

Sebab, diduga kuat petugas KKP Bandara Soekarno-Hatta kelelahan dan kewalahan memeriksa dokumen penerbangan.(Tribunjakarta.com)




Garuda Indonesia pesawat Covid 19 Sorong Papua


Loading...