Diproduksi Sebagai Alat Pendeteksi Covid-19, Jokowi Resmikan Robot Raisa

Diproduksi Sebagai Alat Pendeteksi Covid-19, Jokowi Resmikan Robot Raisa
[ANTARA FOTO/Arif Firmansyah]
Editor: Admin Hot News —Rabu, 20 Mei 2020 14:38 WIB

Terasjabar.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan produk riset, teknologi inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Sebanyak 55 Produk konsorsium riset dan teknologi percepatan penanganan Covid-19. 9 produk tersebut di antaranya PCR test kit, rapid diagnostic, emergency ventilator, produk imunomodulator, plasma convalesence, mobile lab BSL 2, sistem AI untuk deteksi covid, medical assitant Robot Raisa, autonomous UVC mobile robot dan purifying respirator.

Jokowi bangga Indonesia bisa memproduksi sendiri dalam hal inovasi percepatan penanganan Covid-19.

"Hari ini kita patut berbangga karena dari tangan-tangan anak bangsa, dari tangan tangan kita sendiri kita mampu menghasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan," ujar Jokowi saat meresmikan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah melihat langsung produk riset, teknologi dan inovasi karya anak bangsa yang hari ini resmi diluncurkan.

Produk-produk tersebut seperti PCR test kit, ventilator kata Jokowi sudah bisa diproduksi.

"Kemarin saya sudah melihat sendiri ada rapid test yang waktu saya tanya bisa produksi Berapa sudah kira-kira 100.000? Kalau diproduksi sudah langsung jalan, PCR test kit juga sama katanya apakah sudah berproduksi? Sudah pak. Sudah uji dan sudah bisa berproduksi juga sama di atas 100.000. Kemudian ada ventilator. emergency ventilator yang ini kemarin yang saya lihat ada karya dari BPPT, ITB, UI, UGM dari PT Dharma dari PT Poly Jaya yang sudah mulai membuat ventilator dan ini tinggal produksinya," ucap dia.

Tak hanya itu, Jokowi menuturkan produk mobile biosafety level (bsl) 2, produk imunomodulator dan Artificial Intelligence untuk mendeteksi Covid-19 juga sudah bisa diproduksi sendiri.

"Juga ada Mobile Bio Safety Level 2/ BSL 2 laboratory ini juga sudah bisa kita kerjakan sendiri. Ada produk immuno modulator juga sama bisa kita bikin sendiri, ada artifical intelijen untuk deteksi Covid, ini juga bisa kita kerjakan sendiri," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut peluncuran produk inovasi di hari Kebangkitan Nasional di tengah pandemi Covid-19, menjadi momentum baru kebangkitan bangsa di bidang sains, teknologi serta khususnya di bidang kesehatan

"Saat ini dunia sedang beradu cepat dalam menangani wabah Covid-19 dan kita harus menjawabnya dengan inovasi dan karya-karya nyata yang konkrit dan ini adalah momentum baru, ini adalah momentum baru bagi kebangkitan bangsa, ini adalah momentum baru kebangkitan Bidang sains dan teknologi kita dan khususnya di bidang kesehatan," katanya.

(Suara.com)

Diproduksi Sebagai Alat Pendeteksi Covid-19 Jokowi Resmikan Robot Raisa


Loading...