Kemensos Sudah Transfer Anggaran Bansos Tunai ke PT Pos

Kemensos Sudah Transfer Anggaran Bansos Tunai ke PT Pos
Kemensos Salurkan Bansos Tunai Kepada 28.572 Keluarga di Kabupaten Tangerang. Foto: Dok. Kemensos
Editor: Admin Hot News —Selasa, 19 Mei 2020 14:36 WIB

Terasjabar.id –  Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial (Bansos) tunai kepada masyarakat terdampak COVID-19 melalui PT Pos. Penyalur Bansos tunai ada dua, PT Pos dan Bank Himbara. Untuk Bank Himbara sudah disalurkan sebelumnya.

Dilansir dari Kumparan.com, hal itu disampaikan langsung oleh Mensos Juliari Batubara usai ratas bersama Presiden Jokowi.

"Penyaluran bansos tunai sudah akan melewati PT Pos, dari rekening himbara sudah selesai, sekarang tinggal sisanya melalui PT Pos. Kita sudah sepakat dengan PT Pos dan Menko PMK untuk target penyaluran sampai Sabtu adalah sekitar 8,366 Juta KK," kata Juliari, di Istana Negara, Selasa (19/5)

Dijelaskan dia, jika dihitung hingga hari ini, PT Pos telah menyalurkan bansos tunai rata-rata 800.000 KK per hari. Penerima manfaat pun sudah mencapai 3,7 Juta KK.

"Karena sampai kemarin sebagai laporan bahwa temen-temen sudah sebesar 3,731 Juta KK yang sudah menerima bansos tunai tahap pertama sebesar 600 ribu," papar Juliari.

Oleh karena itu, total saat ini sudah sekitar 44,5 persen bansos tunai tersalurkan kepada masyarakat. Sisanya sekitar 4,6 juta KK, lanjut Juliari, akan dikebut penyalurannya minggu ini.

"PT Pos menyanggupi dengan berbagai upaya antara lain membuka tambahan loket pembayaran di kantor pos. Yang kedua menaikkan jam operasional sampai jam 10 malam. Setiap kantor pos saya minta buka sampai jam 10 malam untuk melakukan pembayaran," jelas Juliari.

Penerima manfaat bansos tunai sendiri total ada sebanyak 9 Juta KK di seluruh Indonesia. Program ini sempat menuai kritik dari Bupati Bolaang Mongondow Timur Sehan Salim Landjar yang menilai penyalurannya cenderung berbelit.

Kemensos Sudah Transfer Anggaran Bansos Tunai ke PT Pos


Loading...