Warga Gigit Jari, Sudah Datang ke Kantor Pos, Bantuan yang Dijanjikan Belum Ada

Warga Gigit Jari, Sudah Datang ke Kantor Pos, Bantuan yang Dijanjikan Belum Ada
Tribun Jabar/Cipta Permana Warga dari beberapa kelurahan di Kecamatan Rancasari dan Buahbatu datang ke Kantor Pos Rancabolang, Kota Bandung, Selasa (19/5/2020).
Editor: Malda Hot News —Selasa, 19 Mei 2020 12:23 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah warga dari berbagai kelurahan di Kecamatan Rancasari dan Kecamatan Buahbatu, harus menelan kekecewaan. Rela datang sejak pagi untuk mengambil bantuan sosial yang dijanjikan oleh pemerintah di Kantor Pos Rancabolang, Kecamatan Buahbatu, ternyata bantuan belum ada karena belum dikirim Bulog.

Sebelumnya, mereka memperoleh pesan yang menyebutkan, bantuan dapat diambil dengan melampirkan fotokopi KTP dan KK.

Seorang warga Kelurahan Sekejati, Agus Mahmud (43), mengaku, terpaksa harus izin terlambat datang kerja kepada atasannya karena berharap bantuan sosial dari pemerintah tersebut dapat segera diambil pada pagi hari sebelum melakukan rutinitas pekerjaan.

Selain itu, dia merasa bingung dengan kejelasan alur distribusi dari bantuan sosial tersebut. Sebelumnya, berdasarkan informasi yang diperolehnya dari media massa, bantuan akan dikirimkan langsung oleh petugas pos ke rumah penerima masing-masing. Namun, kini justru penerima bantuan yang harus mengambilnya di kantor pos yang telah ditentukan.

"Jujur saya pribadi bingung dan mempertanyakan kejelasan dari alur bantuan pemerintah ini, karena informasi skemanya ternyata berubah-ubah begini. Kalau penerima bantuan yang jarak rumahnya dekat seperti saya ini, mungkin tidak jadi soal untuk datang. Tapi kalau warga lain yang dari jauh ke sini dan harus pakai ongkos kan kasihan. Sudah datang jauh-jauh tapi bantuannnya enggak ada," ujarnya saat ditemui di sela menunggu bantuan di Kantor Pos Rancabolang. Selasa (19/5/2020).

Kekecewaan serupa dilontarkan Emi (69), warga Kelurahan Manjahlega. Menurutnya, terdapat koordinasi yang tidak berjalan antara pihak Kantor Pos sebagai penyalur bantuan, dengan ketua RT/RW di masing-masing wilayah.

"Nu leres mah, aya miskom, duka ti RT/RW-na duka ti pihak posna, janten weh baringung sadayana (yang pasti ada miskomunikasi, entah dari RT/RW masing-masing, entah dari pihak posnya, sehingga semua dibuat bingung)," ujarnya di lokasi yang sama.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun dari masyarakat yang telah mengonfirmasi kepada petugas Pos Rancabolang, terlambatnya penyaluran bantuan kepada masyarakat tersebut disebabkan oleh adanya keterlambatan alur distribusi dari pihak Bulog. Sehingga datangnya bantuan pun belum dapat dipastikan kapan untuk dapat disalurkan kepada para penerima manfaat.

"Kalau tadi nanya mah katanya, mereka belum bisa memastikan kapan pasti (waktu) penyaluran bansos bisa diserahkan ke masyarakat karena ada keterlambatan dari pihak Bulog. Tapi katanya kalau pun bantuan datang hari ini, penerima tidak dapat mengambilnya di hari yang sama. Mereka (pos) memperbolehkan pengambilan dilakukan di lain hari hingga batas waktu sebelum Lebaran," ujar Agus, seorang warga. 

(tribunjabar.id)


Kantor Pos bansos Buah Batu


Loading...