Sebanyak 78 Warga Mengikuti Rapid Test di Kawasan Pasar Mawar Pontianak, Lima di Antara Warga Tersebut Reaktif Virus Corona

Sebanyak 78 Warga Mengikuti Rapid Test di Kawasan Pasar Mawar Pontianak, Lima di Antara Warga Tersebut Reaktif Virus Corona
(detikNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 17 Mei 2020 10:10 WIB

Terasjabar.id – Sebanyak 78 warga mengikuti rapid tes di kawasan Pasar Mawar Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) Sabtu (16/5/2020). Hasilnya, lima di antara warga tersebut reaktif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan, rapid test dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Pontianak. Sementara peserta terdiri atas pedagang maupun pengunjung pasar.

“Tes cepat tersebut untuk deteksi dini penyebaran Covid-19 di Kota Pontianak, terutama di pasar-pasar tradisional,” katanya.

Berdasar data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak, Rabu (13/5/2020), pasien positif Covid-19 mengalami peningkatan sebanyak dua kasus. Kini jumlah total pasien positif Covid-19 di Pontianak sebanyak 71 kasus.

Kedua pasien positif tersebut merupakan pegawai pusat yang bekerja di Kalbar. Mereka juga beralamat di Pontianak.

kini keduanya dirawat secara ketat, yakni diisolasi di Rumah Karantina Pontianak, karena masuk dalam kategori OTG (orang tanpa gejala).

Dinkes Kota Pontianak juga mencatat, sebanyak lima pasien Covid-19 dinyatakan sembuh dan tiga orang meninggal. Dari 329 orang yang menjalani rapid test, 334 di antaranya reaktif Covid-19.

“Mereka telah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab tenggorokan,” katanya.

Dia berharap masyarakat mematuhi kebijakan dari pemerintah, seperti tidak keluar rumah, menggunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun.

“Jika peraturan ini dikendurkan, saya khawatir grafik penambahan pasien positif tak lagi landai," ujarnya.

Dengan tidak terjadinya lonjakan, maka rumah sakit masih bisa menampung atau melayani pasien, baik pasien umum maupun Covid-19.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Pasar Mawar Pontianak Kalimantan Barat


Loading...