Advertisement

Pengacara Ferdian Paleka cs Coba Bujuk Korban untuk Damai, Begini Respons Waria yang Jadi Korban

Pengacara Ferdian Paleka cs Coba Bujuk Korban untuk Damai, Begini Respons Waria yang Jadi Korban
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Selasa, 12 Mei 2020 15:29 WIB

Terasjabar.id - Tim kuasa hukum Ferdian Paleka, M Aidil dan Tubagus Fahddinar, tersangka penghinaan pada waria karena memberikan bingkisan sembako padahal berisi sampah mengupayakan jalan damai dengan para pelapor.

Pelapor dalam kasus ini yakni waria yang mendapat bingkisan sampah di Jalan Ibrahim Adjie Kota Bandung pada 1 Mei 2020.

"Saya mewakili keluarga tersangka sedang berkomunikasi dengan pelapor, mengupayakan mediasi untuk berdamai," ujar Rohman Hidayat, kuasa hukum Ferdian cs saat dihubungi via ponselnya, Selasa (12/5/2020).

Para tersangka ini dilaporkan pelapor dengan tuduhan melanggar pasal 36 juncto Pasal 51 ayat 2 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal-pasal itu bersifat aduan. Karena berkaitan dengan aduan, pihaknya berusaha agar pelapor mencabut aduannya.

Ferdian Paleka, Tubagus Fahdinar dan Aidil ditahan atas kasus prank bantuan isi sampah kepada waria. Ketiganya dihadirkan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Jumat (8/5/2020).
Ferdian Paleka, Tubagus Fahdinar dan Aidil ditahan atas kasus prank bantuan isi sampah kepada waria. Ketiganya dihadirkan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Jumat (8/5/2020). (Tribun Jabar)

"Mediasi sedang kita tempuh dengan pihak pelapor supaya siapa tahu ada jalan keluar untuk masalah ini," katanya.

Upaya hukum yang sudah dilakukan yakni mengajukan penangguhan penahanan. Surat penangguhan penahanan sudah dilayangkan ke penyidik pada Senin 12 Mei. Selain itu, mereka meminta agar Ferdian cs jadi tahanan kota.

Ia menyinggung soal Komnas HAM jika pengajuan penangguhan penahanannya tidak dikabulkan. Karena menurutnya, perbuatan perundungan yang dialami ketiga tersangka berkaitan dengan merendahkan harkat martabat manusia. Ia menyebut, langkah tersebut merupakan langkah akhir.

"Kalau memang upaya penahanan tidak dialihkan, kami tentu minta bantuan Komnas HAM, tapi kalau jelas dikabulkan untuk apa kita perpanjangan masalah lagi," kata dia.

Cerita kasus ini jadi panjang lebar setelah Ferdian cs ditangkap karena hari pertama penahanan, ketiga tersangka mengalami perundungan. Perundungan yang mereka alami direkam sesama tahanan dan file video rekamannya viral.

‎Abel, perwakilan empat pelapor membenarkan tim kuasa hukum dengan keluarga tersangka sudah menemui para korban.

"Kemarin malam keluarganya sudah ngobrol. Tapi dari pihak kami belum kasih jawaban," kata Abel, via ponselnya.

Tribunjabar.id


Ferdian Paleka Youtuber Asal Bandung Waria Bantuan Kota Bandung Polrestabes Bandung Waria


Related Post



Loading...