Menteri Ketenagakerjaan Gelar Pelatihan Masak di BLK Lembang

Menteri Ketenagakerjaan Gelar Pelatihan Masak di BLK Lembang
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. (Dok : Kemnaker).
Editor: Admin Teras KBB —Sabtu, 2 Mei 2020 18:38 WIB

Terasjabar.id – Dalam rangka memperingati May Day, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyelenggarakan pelatihan kerja masak atau katering dengan para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di Lembang, Jawa Barat.

Ida mengatakan, hasil pelatihan katering berupa makanan siap saji tersebut, akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak Covid-19. Seluruh resources (sumber daya) di BLK Lembang dikerahkan untuk penanganan Covid-19.

"Pelatihan katering ini manfaatnya luas, dan setelah pelatihan kerja, peserta memperoleh insentif yang bermanfaat untuk mengantisipasi dampak Covid-19, " katanya, didampingi Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono; SesDitjen Binalattas Surya Lukita Warman; Kepala BLK Lembang Tuti Haryanti dan Kepala BBPPK dan PKK Lembang Eko Daryatno.

Hasil pelatihan akan diberikan kepada para masyarakat dan para pekerja yang ter-PHK dan dirumahkan di sekitar BLK Lembang.

"Bahan baku pelatihan diambil dari hasil kerja siswa pelatihan BLK bidang pertanian dan langsung diolah oleh peserta pelatihan yang terPHK dan dirumahkan akibat Covid-19, " ujarnya.

Menaker terus mengoptimalkan BLK, baik yang dikelola pusat maupun pemda untuk melakukan kegiatan terkait penanganan Covid-19. Salah satunya dengan menggenjot pelatihan katering di BLK Lembang selama 10 hari, dengan peserta korban PHK dan dirumahkan atau masyarakat secara luas yang terdampak Covid-19.

Ida menjelaskan, pelatihan katering tanggap Covid-19 merupakan bentuk langkah konkrit refocusing  yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan dasar bagi peserta pelatihan; membantu pencegahan dan penanganan dampak Covid-19; pemberdayaan masyarakat yang terdampak penyebaran Covid-19; dan meningkatkan ketahanan ekonomi melalui pemberian insentif berupa uang saku pelatihan.

Ida menambahkan, di seluruh Indonesia ada 216 program di Binalattas dan Binapenta yang difokuskan untuk penanganan Covid-19. Bukan hanya program model pelatihan, tetapi juga ada program padat karya produktif, padat karya infrastruktur, Tenaga Kerja Mandiri (TKM), Teknologi Tepat Guna.

"Itu semua diharapakan dapat menampung masyarakat yang belum dapat kesempatan kartu prakerja, " katanya.

Menurut Menaker, dalam kondisi normal, peserta pelatihan tak diberikan insentif. Namun saat ini dilakukan refocusing anggaran Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), dengan menyisihkan dan mengalihkan  biaya perjalanan dinas untuk memberikan insentif kepada peserta pelatihan.

Kemnaker menggelar pelatihan tanggap Covid-19, yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat yang terdampak penyebaran Covid-19 serta meningkatkan ketahanan ekonomi melalui pemberian insentif berupa uang saku pelatihan.

Jumlah BLK dan BPP yang mengikuti pelatihan tanggap Covid-19 sebanyak 19 BLK UPTP; 2 BPP UPTP; 129 BLK UPTD dan 4 BLK Komunitas.

“Pelatihan mempertimbangkan protocol kesehatan, PSBB dan kebijakan/peraturan pemerintah lainnya, maka metode pelatihan yang digunakan berupa On-line training; Blended Training; Distance Training dan Off-line training,” katanya.

Pelatihan tanggap Covid-19 telah menghasilkan produksi masker sebanyak 2.097.500 buah, faceshield 64.800 buah, hand sanitizer 136.250 liter, dan baju alat pelindung diri (APD)/hazmet sebanyak 56.000 buah, cooking 318.000 boks nasi, wastafel Covid-19 1.584 buah, Peti Covid-19 sebanyak 50 buah dan disinfektan sebanyak 82.940 liter.

Hasil produksi dari pelatihan digunakan/dimanfaatkan oleh masyarakat guna menanggulangi penyebaran COVID-19, diantaranya untuk petugas rumah sakit dan Puskesmas; TNI dan Polri; Posko Penanganan Covid-19 dan BNPB; asosiasi kedokteran/tenaga kesehatan; relawan penanganan Covid-19; pengendara jalan umum dan ojek; pedagang pasar dan kaki lima; pegawai/karyawan instansi pemerintah/swasta; dan petugas sekuriti kementerian/lembaga, instansi pemerintah daerah dan swasta.

(Suara.com)

Menteri Ketenagakerjaan Gelar Pelatihan Masak di BLK Lembang Kabupaten Bandung Barat KBB


Loading...