15.695 RTS Warga Terdampak Covid-19 Terima Kiriman Sembako

15.695 RTS Warga Terdampak Covid-19 Terima Kiriman Sembako
15.695 RTS Warga Terdampak Covid-19 Terima Kiriman Sembako
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 28 April 2020 09:26 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Peluncuran perdana paket sembako bagi warga Kab Kuningan terdampak Corona Virus (Covid-19) dilakukan oleh puluhan pengemudi ojek online dan petugas pos ke berbagai penjuru desa, yang dilepas oleh Bupati H Acep Purnama di halaman Kantor Setda Senin (27/4-2020). Pelepasan dihadiri Wabup, H.M Ridho Suganda, Sekda DR.H. Dian Racmat Yanuar, Kadinsos Kuningan, Kepala Kantor Pos Kuningan, serta sejumlah undangan lainnya.

Kadinsos Kuningan Drs Dudi Budiana, MSi disela acara mengatakan, sembako yang didistribusikan para pengantar itu senilai Rp 500 ribu diperoleh dari Pemerintah Provinsi Jabar. Paket sembako Rp 350 ribu dan uang tunai Rp 150 ribu. Paket Sembako tersebut berupa beras 10 kg, gula 1 kg, terigu 1 kg, minyak goreng 2 liter, telur 2 kg, 4 makanan kaleng, vitamin C 2 botol, dan mie instan 16 bungkus, diantarkan langsung kerumah penerima sesuai alamat.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri

(Paket Sembako bantuan Gubernur Jabar siap dikirimkan oleh Ojol dan petugas pos ke warga RTS terdampak Covid-19)

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama mengatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai langkah pemerintah dalam melindungi kehidupan dan penghidupan masyarakat dari dampak pandemi Corona. Penerima bantuan untuk Kab Kuningan,  sebanyak 15.695 RTS (Rumah Tangga Sasaran).

“Sebagai tahap pertama bantuan akan disalurkan kepada 10.743 RTS, sehubungan data itu diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) PUSDATIN Kemensos RI. Maka untuk sisanya masih dalam proses verifikasi dan validasi di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat,” jelas Acep.

Terima kasih kepada PT. Pos sebagai mitra dalam penyaluran bantuan tersebut bersama ojek online. Semoga penyalurannya bisa berjalan dengan lancar. “Acep berpesan kepada para petugas pos dan ojol untuk berhati-hati di jalan, jaga amanah untuk mengantar bantuan ini dengan utuh sampai kepada mereka yang berhak. Dan kepada pihak PT. Pos kami sampaikan terima kasih atas terselenggaranya penyaluran ini serta melaporkan hasil kegiatan ini kepada Dinas Sosial Kab Kuningan,” imbuhnya.

Untuk mencegah kemungkinan timbulnya kerawanan pada saat penyaluran bantuan, Acep mengajak seluruh pihak untuk melakukan penanganan terhadap setiap gangguan pada saat penyaluran.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan

(Ojeg Online dan petugas pos siap meluncur mengantarkan paket sembako untuk warga terdampak Covid-19)

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Kuningan, Alif, mengemukakan, Berdasarkan hasil kesepakatan antara Pemprov Jabar, Perum Bulog dan PT Pos, pihaknya hanya berkewajiban untuk mendistribusikan bantuan kepada RTS sesuai data dari Dinas Sosial dengan dibantu ojek online sebagai mitra penyaluran sesuai arahan Gubernur Jabar. Target waktu pendistribusian paket sembako ini ujar Alif, selama dua pekan harus sudah selesai, lebih cepat lebih baik. Bagi penerima bantuan harus memperlihatkan KTP, dan difoto sebagai bukti sesuai data yang dimiliki, pungkasnya.

(H WAWAN JR)

Virus Corona Wabah Virus Corona Kabupaten Kuningan Paket Sembako Pengemudi Ojol


Loading...