Banyak Kasus Kejahatan, Ini 5 Tips Agar Motor Aman dari Pencuri

Banyak Kasus Kejahatan, Ini 5 Tips Agar Motor Aman dari Pencuri
(Foto: Suara.com)
Editor: Admin Hot News —Senin, 20 April 2020 17:17 WIB

Terasjabar.id –  Beberapa waktu yang lalu, masyarakat dihebohkan dengan isu pembebasan napi dari tahanan dengan alasan untuk mengurangi merebaknya virus corona di lembaga pemasyarakatan.

Namun beberapa napi yang dibebaskan justru malah langsung nekat kembali melakukan kejahatan.

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk waspada. Apalagi bagi anda para pemilik motor. Sebab motor merupakan salah satu kendaraan yang sangat rentan dicuri.

Terkait hal ini, dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 tips untuk mencegah terjadinya pencurian motor.

1. Pilah-pilih target

Motor yang mainstream alias banyak ditemui di jalan biasanya bakal jadi incaran para pencuri. Hal ini terjadi karena onderdil motor tersebut banyak dicari.  Walaupun tak menutup kemungkinan bahwa motor yang anti mainstream juga menjadi sasaran. Oleh karena itu, para pemilik motor wajib waspada.

2. Jangan taruh motor sembarangan

Motor yang paling rentan dicuri adalam motor yang ditaruh di luar pagar. Apalagi di daerah padat penduduk, di mana biasanya warga malah kurang menghiraukan hal-hal di sekitar mereka. Ditambah dengan kunci masih menancap di motor, otomatis kendaraan bakal menjadi sasaran empuk Pastikan anda menaruh motor di tempat yang bisa diawasi.

3. Onderdil yang menggoda

Motor dengan part-part eksotis, sebut saja suspensi upside down, banana swingarm, dan lain-lain akan menjadi incaran para pencuri motor karena part-part tersebut berharga mahal di pasaran. Jika motor anda dilengkapi dengan komponen mewah tersebut, ada baiknya untuk lebih waspada.

4. Pengamanan

Walaupun tidak menggaransi keamanan kendaraan anda 100%, selalu tinggalkan motor dalam keadaan terkunci stang. Selain itu, ada beberapa trik lagi agar maling berpikir dua kali sebelum 'menculik' motor anda, antara lain dengan gembok pelek, gembok rem cakram, atau yang lebih ekstrem, lepas saja tuas koplingnya agar pencuri kesulitan memindahkan motor.

5. Jangan sampai bisa melenggang

Berhasil atau tidaknya pencurian motor bergantung pada apakah pencuri tersebut berhasil menyalakan motor dalam waktu singkat. Sebab jika mereka nekat mendorong motor, atau dalam kasus tertentu, mengangkutnya ke mobil pickup, tentu banyak saksi yang curiga. Sehingga pastikan kendaraan anda mempunyai pengaman tambahan.

(Suara.com)

Banyak Kasus Kejahatan Ini 5 Tips Agar Motor Aman dari Pencuri


Loading...