Begini Cara Temukan Rumah Sakit Rujukan Corona yang Terdekat Via Google Maps

Begini Cara Temukan Rumah Sakit Rujukan Corona yang Terdekat Via Google Maps
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Admin Teras Techno —Rabu, 15 April 2020 18:08 WIB

Terasjabar.id – Pemerintah Indonesia diketahui telah menunjuk beberapa rumah sakit untuk dijadikan rujukan dalam merawat pasien virus corona (Covid-19). Oleh sebab itu, informasi mengenai rumah sakit mana saja yang menjadi rujukan pun sangat penting.

Dilansir dari Wowkeren.com, Google kini memudahkan para penggunanya yang ingin mencari lokasi rumah sakit rujukan Covid-19. Melalui aplikasi Google Maps, para pengguna dapat menemukan informasi dan lokasi rumah sakit terdekat yang direkomendasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Caranya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu memasukkan kata kunci "Rumah Sakit Rujukan" di dalam kolom pencarian. Namun, pengguna sebelumnya sudah harus menyalakan GPS dan mengizinkan Google Maps mengakses lokasi perangkat yang digunakan terlebih dahulu.

Setelah kata kunci dimasukkan, maka otomatis akan muncul daftar rumah sakit terdekat. Rumah sakit rujukan Covid-19 akan diberi tanda dengan label Covid-19 testing center.

Rumah Sakit Rujukan

Google Maps


Pengguna pun tinggal memilih rumah sakit rujukan dengan lokasi terdekat. Nantinya, Google Maps akan memunculkan informasi lengkap berupa alamat, nomor telepon, akses transportasi, dan rute untuk menuju ke lokasi.

Selain itu, masyarakat juga disarankan untuk menuju ke rumah sakit rujukan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini diimbau untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain demi menekan risiko penularan virus corona.

Kementerian Kesehatan sendiri menyatakan bahwa pengecekan medis diperlukan untuk orang-orang yang merasakan sejumlah gejala seperti demam lebih dari 38 derajat Celcius, atau pilek/batuk/sesak napas. Selain itu, pengecekan medis juga disarankan bagi masyarakat yang pernah kontak atau berada dalam satu ruangan/lokasi dengan pasien positif Covid-19, serta pernah berkunjung ke wilayah terjangkit virus corona dalam 14 hari terakhir.

Menurut data BNPB, kini sudah ada lebih dari 365 fasilitas layanan kesehatan yang siap menangani Covid-19 di seluruh Indonesia. Fasilitas yang dimaksud terdiri dari 132 rumah sakit rujukan, 12 laboratorium, 104 rumah sakit TNI, dan 39 rumah sakti Polri.

Begini Cara Temukan Rumah Sakit Rujukan Corona yang Terdekat Via Google Maps


Loading...