Warga Sekitar Jabodetabek Dihebohkan Dengan Suara Dentuman Hingga Ramai di Medsos #Dentuman, 'Bukan akibat Gempa Tektonik' BMKG

Warga Sekitar Jabodetabek Dihebohkan Dengan Suara Dentuman Hingga Ramai di Medsos #Dentuman, 'Bukan akibat Gempa Tektonik' BMKG
(HarianHaluan.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 11 April 2020 09:28 WIB

Terasjabar.id - Warga sekitar Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi dihebohkan dengan suara dentuman. Badan Meteorologi, Klomatologi, dan Gesofisika (BMKG) menyebut suara dentuman tersebur bukan berasal dari aktivitas gempa.

Kepala Pusat Gempa Bumo dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan tidak terdeteksi adanya gempa di sekitar DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

"Terkait suara dentuman yang beberapa kali terdengar dan membuat resah masyarakat Jabodetabek, maka sejak tadi malam hingga pagi hari ini pukul 06.00 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak terjadi aktivitas gempa tektonik yang kekuatannya signifikan di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Prov. Banten, " kata Rahmat melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (11/4/2020).

Meski demikian, Rahmat mengatakan ada gempa kecil di Selat Sunda. Tapi dia memastikan hal itu tidak berkaitan dengan suara dentuman yang didengar sebagian warga.

" Meskipun ada aktivitas gempa kecil di Selat Sunda pada pukul 22.59 WIB dengan magnitudo M 2,4 tetapi gempa ini kekuatannya tidak signifikan dan tidak dirasakan oleh masyarakat. Berdasarkan data tersebut maka BMKG memastikan bahwa suara dentuman tersebut tidak bersumber dari aktivitas gempa tektonik, "kata Rahmat.

Saat ini, lanjut dia, Gunung Anak Krakatau masih terjadi erupsi strombolian secara terus-menerus dengan ketinggian kurang lebih mencapai 500 meter di atas permukaan laut.

"Masih erupsi strombolian," ujarnya.

Sebelumnya warga Jakarta dan sekitarnya dihebohkan fenomena alam berupa suara dentuman keras pada Sabtu dini hari tadi.

Mayoritas orang yang merasakan dentuman itu mengaitkannya dengan Gunung Anak Krakatau yang meletus pada Jumat 10 April 2020.

"Ini rumah gue dari tadi kayak kedengeran suara dentuman-dentuman. Ya Allah ada apa lagi," cuit artis Enzy Storia L melalui akun Twitter @EnzyStoria.

Sementara itu suara dentuman juga dirasakan oleh seorang warga Kota Depok, Jawa Barat, bernama Muhammad Wildan.

"Astaghfirullah ada suara dentuman enggak berhenti-berhenti," tulisnya via akun @Alfaruuq.


Disadur dari iNews.id

Gempa. Dentuman BMKG Jakarta Gunung Anak Krakatau


Loading...