Malam Ini Nisfu Syaban, Ini Tiga Amalan yang Baik Dilakukan Oleh Muslim

Malam Ini Nisfu Syaban, Ini Tiga Amalan yang Baik Dilakukan Oleh Muslim
Ilustrasi berdoa bersama. (Antara)
Editor: Admin Life Style —Rabu, 8 April 2020 18:09 WIB

Terasjabar.id - Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) sudah menetapkan dan mengumumkan jika malam Nisfu Syaban 1441 H jatuh pada Rabu (8/4/2020) malam ini.

"Nisfu Sya'ban 1441 H jatuh hari Rabu Wage, malam Kamis Kliwon, 8 sampai 9 April 2020," ujar Pelaksana tugas Ketua LF PBNU KH Sirril Wafa, dikutip dari NU Online.

Putusan ini dikeluarkan dengan mempertimbangkan rukyatul hilal LF PBNU pada Selasa (24/3/2020) sore, di beberapa titik di Indonesia tidak dapat terlihat.

Pasalnya, tinggi hilal masih di bawah dua derajat sebagai batas imkanur rukyah, tepatnya 1 derajat 36 menit 22 detik.

Oleh karena itu, bulan Rajab 1441 H digenapkan menjadi 30 hari sehingga awal Syaban 1441 H jatuh pada Kamis (26/3). "Awal Syaban 1441 H bertepatan dengan hari Kamis Legi, mulai malam Kamis, 26 Maret 2020," kata Kiai Sirril lagi.

Lalu apa saja amalan sunnah yang baiknya dilakukan untuk menyemarakkan malam nisfu syaban alias malam pertengahan di bulan Syaban?

Malam syaban disebut-sebut sebagai waktu buku amalan umat islam ditutup, dan bersiap menyambut buku baru yang ditandai dengan kedatangan bulan Ramadan.

Masih mengutip NU Online, anjuran untuk menghidupkan malam nisfu Syaban disampaikan sejumlah hadist. Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam kitab Madza fu Sya'ban. Setidaknya ada tiga amalan yang bisa dilakukan, sebagai berikut:

1. Memperbanyak doa.

2. Membaca sebanyak-banyaknya dua kalimat syahadat atau kalimat Lailaha illa-Llah Muhammadan rasulull-Llah.

3. Memperbanyak istighfar karena tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah itulah manusia.

Di Indonesia dan di berbagai daerah, malam nisfu syaban memang banyak dinantikan umat Muslim. Kegiatan yang biasa dilakukan ialah setelah shalat magrib dilanjut dengan membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali.

Setelahnya dilanjut dengan doa agar diberi umur panjang, rezeki yang halal, dan wafat dalam keadaan husnul khatimah atau lainnya.

(Suara.com)

Malam Ini Nisfu Syaban Ini Tiga Amalan yang Baik Dilakukan Oleh Muslim Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) malam Nisfu Syaban 1441 H


Loading...