Sebanyak 4.636 Orang Tercatat Masuk Ke Wilayah Provinsi Bengkulu, Masuk Kategori Zona Merah

Sebanyak 4.636 Orang Tercatat Masuk Ke Wilayah Provinsi Bengkulu, Masuk Kategori Zona Merah
(SINDONews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 30 Maret 2020 08:37 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 4.638 orang tercatat masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu per Minggu (29/3/2020). Ribuan orang ini diduga baru pulang dari daerah terjangkit virus corona atau masuk kategori zona merah.

Tim surveillance dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mencatat warga tersebut tersebar di 10 kabupaten/kota. Mereka merupakan warga lokal yang dianggap tak memiliki gejala Covid-19.

Rinciannya, Kota Bengkulu, sebanyak 347 orang, Kabupaten Rejang Lebong 665 orang, Lebong 181 orang. Lalu Kabupaten Bengkulu Utara 839 orang, Bengkulu Selatan 190 orang.

Kemudian, Bengkulu Tengah 148 orang, Kepahiang 443 orang, Seluma 377 orang, Kaur 371 Orang, dan Kabupaten Mukomuko sebanyak 1.077 orang.

Data yang dihimpun, Kabupaten Mukomuko menduduki peringkat pertama terbanyak yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit. Disusul Bengkulu Utara, Rejang Lebong, dan Kabupaten Kepahiang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, ribuan orang tersebut merupakan warga Bengkulu yang baru pulang dari daerah terjangkit virus corona.

''Notifikasi perjalanan orang dari daerah terjangkit di Bengkulu, terdata ada 4.638 orang. Mereka baru pulang dari daerah terjangkit,'' kata Herwan saat dikonfirmasi, Senin (30/3/2020).

Data tersebut, terang Herwan, berbeda dengan data yang terverifikasi gejala klinis covid-19, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Menurut dia, ribuan orang ini belum masuk kategori ODP dan PDP.

''Mereka masuk dalam pemantauan Dinas Kesehatan kabupaten/kota di Bengkulu. Tapi, belum masuk kategori ODP dan PDP. Kalau sudah terverifikasi ODP dan PDP, data akan dilaporkan ke pusat,'' ujar dia.

Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Provinsi Bengkulu


Loading...