Pascapembatalan Kegiatan Ijtima Zona Asia 2020 , Masih Ada Peserta yang Bertahan di Asrama Haji Sudiang

Pascapembatalan Kegiatan Ijtima Zona Asia 2020 , Masih Ada Peserta yang Bertahan di Asrama Haji Sudiang
(Asrama Haji Sudiang Makassar : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 24 Maret 2020 14:51 WIB

Terasjabar.id - Pascapembatalan kegiatan Ijtima Zona Asia 2020 di Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), pada 19-22 Maret 2020, masih ada peserta yang bertahan di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar. Jumlahnya sekitar 250 orang.

"Mereka masih akan menginap di Asrama Haji Sudiang satu malam dan akan pulang Rabu besok, 25 Maret," kata Kepala UPT Asrama Haji Sudiang, Ikbal Ismail di Makassar, Selasa (24/3/2020).

Ikbal mengatakan, hari ini, sebanyak 328 peserta Ijtima Asia dijadwalkan akan pulang. Mereka menggunakan moda transportasi pesawat dan kapal laut.

Sementara Pemkab Gowa memastikan lokasi pelaksanaan Ijtima Dunia Zona Asia 2020 di Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu sudah kosong dari peserta. Camat Bontomarannu Muhammad Sabir mengatakan, pengosongan lokasi oleh peserta mulai dilakukan sejak kegiatan ditunda atau pada Kamis (19/3/2020) hingga saat ini.

"Pesertanya hampir 10.000 orang yang datang hari Rabu (18/3/2020). Begitu pelaksanaan baru akan dimulai keesokan harinya, kegiatan ditunda dan saat itu juga sudah mulai pengosongan," ujarnya.

Lokasi pelaksanaan juga sudah disemprot disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Beberapa petugas masih berada di lokasi untuk membongkar tenda para peserta.

Sebelumnya, berdasarkan data UPT Asrama Haji Sudiang, tercatat 1.676 orang peserta Ijtima Asia yang telah ditampung di Asrama Haji Sudiang Makassar akibat dibatalkannya pertemuan jamaah tabligh se-Asia. Pertemuan itu dihadiri peserta dari sembilan negara dan peserta dari 24 provinsi di Indonesia.

Pemprov Sulsel bersama lintas sektor seperti Kodam dan Pemkab Gowa memberikan pelayanan maksimal kepada peserta untuk menjamin rasa aman bagi warga di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Sofyan mengatakan, Pemkab Gowa telah menurunkan Tim Dapur Umum Lapangan (Tim Dumlap) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Gowa yang hingga saat ini masih bertugas di Asrama Haji Sudiang Makassar. Mereka membantu melayani para jamaah.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan di bawah koordinasi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial. Kami berada di sini sejak Kamis (19/3) malam, sejak dipindahkan peserta Ijtima ke Sudiang," kata Sofyan.

Pihaknya bersama Tim Dumlap Tagana Gowa akan terus berada di Asrama Haji Sudiang hingga semua peserta Ijtima Zona Asia kembali ke daerah masing-masing. Hingga saat ini, peserta Ijtima Zona Asia yang dikarantina di Asrama Haji Sudiang sudah berangsur-angsur berkurang dan diperkirakan besok semua sudah kembali ke daerahnya masing-masing.

Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Ijtima Zona Asia 2020 Provinsi Sulawesi Selatan


Loading...