WNA Asal Taiwan Masuk Kategori Status Pasien Dalam Pengawasan Virus Korona, Sempat Pulang Ke Taiwan, Mengeluh Sakit Tenggorokan

WNA Asal Taiwan Masuk Kategori Status Pasien Dalam Pengawasan Virus Korona, Sempat Pulang Ke Taiwan, Mengeluh Sakit Tenggorokan
(Tribunjabar/nandri prilatama : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 9 Maret 2020 16:41 WIB

Terasjabar.id - Warga Negara Asing (WNA) asal Taiwan yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Saat ini, WNA tersebut sudah diisolasi di rumahnya selama 10 hari dan akan dilakukan pemeriksaan pada hari ke 14 nanti.

Direktur RSUD Lembang, Eisen Hower Sitanggang, mengatakan, WNA Taiwan yang sudah 5 tahun tinggal di Lembang itu memang memiliki riwayat perjalanan ke negara asalnya.

"Riwayatnya delapan hari lalu beliau ke Taiwan. Kini warga negara Taiwan itu mengalami nyeri menelan," ujarnya saat ditemui di RSUD Lembang, KBB, Senin (9/3/2020).

WNA tersebut, kata dia, pergi ke Taiwan untuk menyelesaikan persoalan administrasi paspor sekitar sepekan yang lalu.

Kemudian, kata dia, setelah pulang dari Taiwan, pasien tersebut mengecek kondisi kesehatan ke RSUD karena mengeluhkan sakit pada tenggorokan.

"Saat dicek kondisinya masih sehat, tidak demam, sudah dirontgen, tidak ada indikasi, jadi kecil kemungkinan terinfeksi (corona)," ucap Eisen Hower.

Ia mengatakan, karena orang tersebut memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri, maka saat ini dia masuk kategori atau berstatus PDP.

"Memang kecil kemungkinan ke arah sana (virus corona), tapi kami tidak boleh lengah," katanya.

Dalam melakukan pengasawan terhadap WNA itu, Eisen Hower mengatakan, pihaknya memiliki protap yang sesuai, sehingga hal tersebut bisa dipastikan aman dan terjaga.

"Kami screening mana yang mengarah ke sana (virus corona) dan mana yang penyakit biasa, sudah sesuai SOP. Jadi tidak perlu khawatir kami akan meminimalisir kontak dengan pasien berikutnya," katanya. Disadur dari Tribunjabar.id

Virus Korona Wabah Virus Korona WNA Asal Taiwan RSUD Lembang PDP


Loading...