Waspadai Covid-19, Bandara Soetta Siapkan Ratusan Hand Sanitizer

Waspadai Covid-19, Bandara Soetta Siapkan Ratusan Hand Sanitizer
Di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali tersedia 48 unit hand sanitizer untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Dokumentasi: Pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai
Editor: Admin Hot News —Selasa, 3 Maret 2020 18:08 WIB

Terasjabar.id -  Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyediakan ratusan hand sanitizer sebagai salah satu upaya mencegah penularan wabah virus corona atau Covid-19 di bandara.

"Saat ini telah tersedia 200 titik lebih hand sanitizer di Soekarno-Hatta," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Anas Ma'ruf dikutip dari Tempo.co, Senin, 2 Maret 2019.

Menurut Anas, cairan pembersih tangan ini dapat ditemui pengguna jasa bandara di terminal kedatangan maupun keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta." Tempatnya mudah ditemukan dan dilihat karena diletakan di koridor, terminal penumpang, toilet hingga ruang tunggu," kata Anas.

Anas mengimbau agar penumpang memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai sarana pencegahan penyakit. Selain itu, Anas juga meminta pengunjung dan penumpang di bandara untuk selalu menggunakan masker. "Karena petugas petugas di Bandara sudah kami minta untuk menggunakan masker," katanya.

Anas juga meminta masyarakat tidak panik terhadap virus corona, "Tetap tenang, gunakan masker, terapkan pola hidup bersih dan sehat, rajin cuci tangan dan jaga daya tahan tubuh," katanya.

Sementara itu, dengan ditemukannya kasus positif infeksi virus corona di Depok, Jawa Barat, pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II mengawasi dan memeriksa penumpang lebih ketat dan masif.

Pengetatan ini adalah tindaklanjut dari penerbitan surat edaran Ditjen Perhubungan Udara, agar pemeriksaan terhadap penumpang rute internasional yang tiba di seluruh bandara di Indonesia dapat ditingkatkan dan dilakukan secara masif.

“Kami memastikan seluruh pemeriksaan penumpang yang baru tiba dari luar negeri akan melalui pemeriksaan suhu tubuh yang dibagi dalam beberapa lajur. Maskapai juga akan menginformasikan kepada penumpang mengenai keharusan mengisi Health Alert Card,” ujar Vice President of Corporate Communications PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, Selasa, 4 Maret 2020.

Yado mengatakan pemeriksaan di Soekarno-Hatta tidak hanya dilakukan terhadap penumpang pesawat, namun juga terhadap hewan di terminal penumpang dan terminal kargo yang dilakukan oleh Balai Karantina.

“Polresta Bandara Soekarno-Hatta juga terus memantau penyebaran berita bohong atau hoax yang dapat menyebabkan kepanikan. Seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-hatta berkoordinasi intensif dalam menjalankan upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Yado.

Upaya pencegahan virus corona di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sudah dilakukan sejak awal tahun 2020 hingga sekarang dan dilakukan secara ketat, "Anggapan pencegahan dilakukan ala kadarnya adalah tidak benar," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa, 4 Maret 2019.

Yado menambahkan setiap personil dari seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta berupaya keras mencegah penyebaran virus ini. "Kami memohon dukungan dari penumpang pesawat di bandara dan juga seluruh masyarakat. Bandara adalah pintu gerbang utama Indonesia, oleh karena itu upaya pencegahan dijalankan dengan maksimal,” ujar Yado Yarismano.

Menurut dia, koordinasi intensif dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta antara operator bandara yakni PT Angkasa Pura II dengan Otoritas Bandara, Kantor Imigrasi, Karantina, Kepolisian, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan stakeholder lainnya.

“Tim Facilitation (FAL) yang dipimpin oleh Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I sudah diaktifkan, sebagai wadah koordinasi di antara stakeholder di Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Bandara Soekarno-Hatta juga telah dilengkapi berbagai sarana untuk mencegah penyebaran Covid-19, selain thermal scanner juga terdapat thermo gun, kapsul isolasi, hingga lebih banyak hand sanitizer dan pembagian masker secara berkala.

Rencana kontingensi apabila terdapat penumpang pesawat yang terdeteksi terjangkit Covid-19 pun sudah disiapkan. Jika ada laporan dari pilot, maka pesawat diarahkan terlebih dahulu untuk menuju area karantina.

Waspadai Covid-19 Bandara Soetta Siapkan Ratusan Hand Sanitizer Virus Corona


Loading...