Heboh Virus Corona, Apotek di KBB dan Cimahi Kehabisan Stok Masker

Heboh Virus Corona, Apotek di KBB dan Cimahi Kehabisan Stok Masker
Stok masker medis dan masker jenis N95 di sejumlah apotek di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi sudah kosong sejak sebulan terakhir. SINDOnews/Adi Haryanto
Editor: Admin Teras KBB —Selasa, 3 Maret 2020 15:24 WIB

Terasjabar.id -  Stok masker medis dan masker jenis N95 di sejumlah apotek di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi sudah kosong sejak sebulan terakhir. Diduga kuat hal itu seiring dengan munculnya wabah Virus Corona Novel (Covid-19) di Kota Wuhan, China dan kini sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Bahkan diprediksi permintaan terhadap masker ini akan terus meningkat seiring dengan ditemukannya dua warga Depok yang dinyatakan positif Virus Corona pada Senin (2/3/2020). Bahkan kalaupun stok barangnya masih ada di pasaran, harganya melonjak dari Rp35.000 menjadi Rp350.000/pak, karena banyak yang mencari.

Seperti yang terjadi di Apotek K-24 Padalarang, KBB, yang selama sebulan terakhir distributor masker sudah tidak mengirimkan barangnya. Terakhir kali mengirimkan masker, jumlahnya terbatas. Alasan pihak distributor karena barangnya susah dicari dan memang stoknya terbatas. Kondisi itu terjadi sejak ramainya muncul kasus Corona di pemberitaan.


"Sudah dari sebulan ke belakang stok habis. Terakhir dikirim hanya 1 box yang isinya 14 plastik, satu plastiknya berisi empat dan harga per plastiknya Rp13.000," kata apoteker di Apotek K-24, Firman kepada wartawan, Selasa (3/3/2020).

Menurut dia bukan hanya masker, masyarakat juga ramai memburu hand sanitizer dan suplemen imunitas untuk anak dan dewasa yang mengandung vitamin daya tahan tubuh. Peningkatan pembelian suplemen tersebut dalam sehari hingga empat kali lipat dari kondisi normal. Sejak pagi hingga menjelang siang sudah ada belasan orang yang mencari hand sanitizer.

"Stok hand sanitizer juga kosong sudah dari dua minggu kemarin. Sementara untuk suplemen tadi malam banyak yang borong, mungkin buat antisipasi Virus Corona," katanya.

Sementara untuk masker N95 saat ini hanya tersisa 3 pieces, yang dijual seharga Rp77.000/pieces. Kondisi kehabisan stok ini juga menurut informasi yang diperolehnya, terjadi di hampir semua apotek baik di KBB ataupun Kota Cimahi setelah muncul Virus Corona. Padahal sebelum muncul kasus itu, permintaan masker ataupun hand sanitizer tidak pernah membludak seperti sekarang.

"Kalau untuk masker N95 semalam diborong sama pekerja KCIC di dekat Stasiun Padalarang. Itu adalah sisa terakhir masker di apotek kami," pungkasnya.


(Sindonews.com)

Heboh Virus Corona Apotek di KBB dan Cimahi Kehabisan Stok Masker Kabupaten Bandung Barat Kota Cimahi


Loading...