Seorang WN Bulgaria Pengendali Kejahatan Skimming di Bali Diburu Polisi

Seorang WN Bulgaria Pengendali Kejahatan Skimming di Bali Diburu Polisi
Polda Bali tangkap 2 warga negara Bulgaria pelaku skimming. (Foto: Antara)
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 29 Februari 2020 14:14 WIB

Terasjabar.id -  Polda Bali memburu seorang warga negara (WN) Bulgaria yang diduga sebagai pengendali kejahatan skimming di sejumlah mesin ATM di Bali. WN Bulgaria yang diduga bernama George itu terungkap setelah dua orang kaki-tangannya ditangkap polisi.

Dikutip dari Inews.id, dua orang yang ditangkap itu yakni Teodor Stefanov Petrov (33) dan Kamen Sevdalinov Elenkov (32). Keduanya ditangkap saat membobol sebuah ATM di Jalan Sunset Road, Kuta, Seminyak pada 10 Februari 2020.

Tetapi keduanya ternyata hanya bertindak sebagai ‘pemetik’ saja. Kedua pelaku mengaku hanya menjalankan perintah dari WN Bulgaria lain yang disebut bernama George, dan mendapat bagian sebesar 20 persen dari uang yang ditarik dari rekening korban.

“Seseorang bernama George yang diduga bertugas sebagai pengganda data nasabah bank dan menyiapkan kartu putih tersebut,” kata Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Bali AKBP Ranefli Dian Chandra di Denpasar, Jumat (28/2/2020).

Ranefli mengatakan, George telah resmi menjadi buruan polisi. Namanya juga telah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Keberadaan George belum diketahui. Kuat dugaan dia tidak berada di Indonesia. Dua pelaku yang ditangkap pun, berdasarkan data perlintasan di Imigrasi tercatat beberapa kali keluar masuk Bali sebelum akhirnya ditangkap.

"Kedua tersangka datang ke Bali sejak Januari 2019 tapi lagi datang, lagi pergi, tidak tetap. Untuk tersangka Teodor masuk ke Bali terakhir itu 6 Januari 2020, sedangkan Kamen masuk terakhir 26 Februari 2020," ujar Ranefli.

Selama dua pekan terakhir di Bali, keduanya menggunakan 30 kartu putih beraksi di 10 mesin ATM berbeda di beberapa lokasi yang kerap dikunjungi turis di Bali.

Seorang WN Bulgaria Pengendali Kejahatan Skimming di Bali Diburu Polisi


Loading...