Hujan yang Terjadi Hampir Setiap Sore di Ciamis Menimbulkan Jalan Angsana Gunungkelir Amblas

Hujan yang Terjadi Hampir Setiap Sore di Ciamis Menimbulkan Jalan Angsana Gunungkelir Amblas
(Ruber.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 28 Februari 2020 18:14 WIB

Terasjabar.id - Hujan yang terjadi hampir setiap sore di Ciamis menimbulkan Jalan Angsana Gunungkelir, yang berstatus jalan Kabupaten di Blok Pasirnagara, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambles, Jumat (28/2/2020).

Jalan yang menjadi akses penghubung Kecamatan Pamarican dengan Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, tak bisa dilalui kendaraan. Akibatnya warga satu RW di blok Pasirnagara Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Ciamis terancam terisolir. Karena lokasinya jauh ke pusat Pemerintahan Desa, sekolah dan pasar.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi mengatakan saat pertama diketahui jalan ambles panjangnya 20 meter dengan kedalaman mencapai 80 sentimeter.

"Jalan ambles ini terus terjadi, di awal itu kedalamannya hanya 80 sentimeter, tapi sekarang terus bertambah dalam terus terjadi. Ada dua rumah juga yang terancam akibat jalan ambles ini," kata Baehaki melalui sambungan telepon, Jumat (28/2/2020).

Sementara itu, Kepala Desa Sidamulih Hadli menerangkan pergerakan tanah yang mengakibatkan jalan kabupaten ambles karena setiap hari diguyur hujan deras.Baehaki mengatakan bagi warga Pamarican yang akan ke Langkaplancar, Pangandaran, harus memutar melalui Kecamatan Cidolog-Cimaragas. Atau ke jalan Karangkamiri namun jaraknya cukup jauh hampir 20 kilometer.

"Jalan sama sekali tidak bisa dilewati, putus. Jadi warga kami juga terisolir satu RW, jadi tidak bisa ke Kantor Desa. Warga harus memutar jalan cukup jauh," kata Hadli kepada wartawan.

Selain jalan ambles, Hadli menjelaskan pergerakan tanah juga menyebabkan dua rumah di wilayahnya mengalami rusak berat. Bahkan salah satu penghuni rumah mengungsi ke rumah kerabatnya karena dikhawatirkan roboh. Disadur dari Detik.com

Hujan Deras Tanah Amblas Kabupaten Ciamis Jawa Barat


Loading...