Seluruh Korban Siswa SMP N 1 Turi Sleman yang Hanyut Saat Kegiatan Susur Sempor Sudah Ditemukan, 'Operasi Pencarian Dihentikan'

Seluruh Korban Siswa SMP N 1 Turi Sleman yang Hanyut Saat Kegiatan Susur Sempor Sudah Ditemukan, 'Operasi Pencarian Dihentikan'
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 23 Februari 2020 11:09 WIB

Terasjabar.id - Seluruh korban siswa SMPN 1 Turi Sleman yang hanyut saat kegiatan susur Sungai Sempor, Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman akhirnya ditemuka. Total korban meninggal berjumlah 10 orang. Basarnas pun resmi menutup operasi pencarian yang telah dilakukan selama tiga hari.

"Jadi seluruhnya ada 10 korban dan semua sudah ditemukan sehingga operasi pencarian ini kami nyatakan dihentikan tadi 08.00 WIB," kata Kepala Basarnas DIY, Lalu Wahyu Efendi di Dusun Dukuh, Donokerto, Turi, Minggu (23/2/2020).

Wahyu menjelaskan dua korban yang ditemukan hari ini terdapat di section 1. Tepatnya di Dan Mantras. Kedua korban ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa dan mengambang di air.

"Penemuannya di section 1, jaraknya dari lokasi kejadian itu sekitar 400 meter. Korban ditemukan dalam posisi mengambang di air. Korban ditemukan di lokasi yang sama yakni Dam Mantras," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo mengaku sedih sekaligus bersyukur semua korban telah ditemuka.

Dia menduga, posisi korban saat hari pertama dan kedua berada di dasar sungai. Dugaannya tubuh korban tersangkut bebatuan.

Kini seluruh korban sudah teridentifikasi dan ditemukan. Total siswa yang mengikuti kegiatan ada 249 siswa. Terdiri dari kelas 7 sebanyak 124 siswa dan kelas 8 sebanyak125 siswa.

"Total siswa saat kegiatan 249 siswa. Korban selamat 239 dan korban meninggal 10 siswa. Korban meninggal keseluruhan perempuan," paparnya.


"Kami bersyukur semua korban telah ditemukan, terima kasih tim relawan, Basarnas, TNI dan Polri. Sekaligus kami sedih karena 10 siswa yang kita cari ditemukan dalam keadaan meninggal," kata Sri Purnomo, Minggu (23/2/2020).

Terkait proses hukum yang saat ini berlansung di Polda DIY, Sri Purnomo menyerahkan sepenuhnya ke kepolisian.

"Kami serahkan sepenuhnya kepada polisi. Kami dasarnya azas praduga tak bersalah. Kami menghormati proses hukum yang berlangsung," ucapnya. Disadur dari Detik.com

Smpn Turi 1 Kegiatan Pramuka Arus Sungai Lembah Sempor Kabupaten Sleman


Loading...