'Banjir di Kebon Pala Limpasan dari Depok dan Bogor' Tutur Kelurahan Kampung Melayu

'Banjir di Kebon Pala Limpasan dari Depok dan Bogor' Tutur Kelurahan Kampung Melayu
(Detik.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 20 Februari 2020 19:35 WIB

Terasjabar.id - Wilayah Kebon Pala, Jakarta Timur, hingga sore ini terendam banjir. Kasie Pemerintahan Kampung Melayu menyatakan banjir kali ini merupakan limpasan dari Depok dan Bogor.

"(Banjir ini) Limpasan dari Depok dan Bogor, kalau Ciliwung sambungannya. Depok kan juga tadi siaga 2. Jadi hujan deras juga di sana," kata Kasie Pemerintahan Kelurahan Kampung Melayu, Samuel Sihombing di lokasi banjir Kebon Pala, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).

Ia mengatakan hingga saat ini Kelurahan Kampung Melayu belum memberikan bantuan kepada warga Kebon Pala. Pihaknya masih melakukan pendataan terkait warga yang akan mengungsi.Samuel menjelaskan, sejak pukul 05.00 WIB tadi, BPBD dan Dinas Sumber Daya Air Jaktim sudah memberikan informasi akan ada kiriman banjir dari Bogor. Pihaknya juga mengaku telah mengirimkan informasi tersebut ke ketua RT/RW Kebon Pala untuk kemudian disebarkan kepada warga.

Lebih lanjut Samuel juga mengaku pemerintah setempat belum bisa melakukan penyedotan banjir. Ia mengatakan tidak memiliki opsi pembuangan air banjir tersebut.

"Kita suruh mereka (SDA) sedot juga buang ke mana. Ini kan emang limpasan sungai. Kita sedot terus buang ke sungai, tapi kan di sana limpas airnya. Nggak ada pembuangan," jelas Samuel.

"Kita tidak bisa memaksa ya. Mereka sudah lebih paham berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sudah dihadapi, mereka lebih tau kapan ini airnya akan surut. Kita juga lihat di Manggarai sudah agak normal. Jadi beberapa jam mungkin akan surut," ucap Samuel.Samuel juga menyebutkan tidak bisa memaksa jika warga di Kebon Pala belum mau mengungsi. Menurutnya, warga Kebon Pala memiliki pengalaman dalam menghadapi kondisi banjir.

Dari siang hari tadi permukiman warga RT 11/RW 5 Kebon Pala, Kampung Melayu, Jaktim memang digenangi banjir setinggi 1,5 meter. Ketinggian air hingga saat ini terpantau belum menurun. Disadur dari Detik.com

Wilayah Kebon Pala Banjir Jakarta Timur


Loading...