Aksi Heroik Polantas Bandung Lumpuhkan 2 Pelaku Curanmor

Aksi Heroik Polantas Bandung Lumpuhkan 2 Pelaku Curanmor
Aksi polisi lumpuhkan pencuri motor (Foto: Istimewa)
Editor: Admin Teras Bandung —Selasa, 18 Februari 2020 12:23 WIB

Terasjabar.id -  Seorang polisi lalu lintas (polantas) anggota Polresta Bandung berhasil membekuk dua orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di salah satu rumah makan di Jalan Kamasan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Video aksi polisi itu viral di media sosial.

Dikutip dari Detik.com, kejadian itu, bermula ketika Bripka Asep Somantri hendak menunaikan shalat dzuhur di Masjid Al-Muklis, Banjaran, Senin (17/2) kemarin. Waktu berwudhu Asep mendengar suara teriakan maling.

"Maling," teriak seorang wanita yang merupakan korban dalam kejadian itu dalam video yang dilihat.

Mendengar teriakan tersebut Asep langsung menghadang dua orang yang diduga pelaku curanmor, yang kebetulan berlari ke arahnya. Saat akan dihentikan, keduanya malah melawan.

Berbekal kemampuan bela diri, Asep yang saat itu tidak membawa senjata api, langsung mengeluarkan borgol. Dengan borgolnya Asep sempat baku hantam dengan kedua pelaku. Bak film action, satu persatu pelaku curanmor itu berhasil dilumpuhkan.

"Mereka melawan saat saya hadang, sempat baku hantam, tapi Alhamdullilah mereka berhasil saya lumpuhkan," kata Asep yang dikutip dari Detik.com, Selasa (18/2/2020).

Tidak berapa lama berselang, sejumlah warga dan salah seorang anggota Provost Polresta Bandung membantu Asep mengamankan kedua pelaku yang masih terus melawan meski sudah diborgol.

"Ada warga dan anggota provost, mereka langsung kami amankan," ujarnya.

Setelah berhasil dibekuk, kedua pelaku curanmor itu langsung diserahkan ke Polsek Banjaran untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. "Terduga pelaku sudah diserahkan ke Polsek Banjaran," tambahnya.

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan sangat mengapresiasi anggotanya yang berhasil menangkap pelaku kejahatan itu.

"Meski tugas pokoknya bukan melakukan penangkapan, tetapi karena kesigapan dan jiwa kepolisiannya tinggi Bripka Asep Somantri mampu menangkap pelaku kejahatan curanmor. Saya sangat mengapresiasi itu," kata Hendra.

Kasat Lantas Polresta Bandung AKP Hasby Ristama menambahkan setiap anggota Satlantas Polresta Bandung dibekali kemampuan beladiri. Menurutnya, seluruh anggota secara rutin mengikuti pelatihan bela diri dengan menggunakan borgol dan alat lainnya yang digunakan untuk mendukung tugas kepolisian.

"Secara rutin anggota kita dilatih untuk bagaimana melakukan perlindungan diri dan melumpuhkan para pelaku kejahatan, salah satunya dengan menggunakan borgol, disaat terdesak anggota kita sudah siap dengan alat yang ada," ujarnya.

Aksi Heroik Polantas Bandung Lumpuhkan 2 Pelaku Curanmor Jalan Kamasan Banjaran Kabupaten Bandung


Loading...