4 Wilayah di Kabupaten Bandung Barat Dilanda Longsor dan Banjir Bandang

4 Wilayah di Kabupaten Bandung Barat Dilanda Longsor dan Banjir Bandang
Satu rumah warga rusak berat akibat tanggul jebol dan merendam permukiman warga di Kompleks Perumahan Baloper, Padalarang, KBB, Jawa Barat, Senin (17/2/2020). SINDOnews/Adi Haryanto
Editor: Admin Teras KBB —Senin, 17 Februari 2020 15:01 WIB

Terasjabar.id -  Empat wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (Jabar), diterjang tanah longsor dan banjir bandang. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi diprediksi mencapai puluhan juta rupiah.

Kejadian yang terjadi sepanjang Minggu (16/2/2020) itu disebabkan hujan deras yang turun merata di wilayah KBB. Kejadian longsor pertama terjadi di Kampung Gunung Bentang, RT 04/05, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, sekitar pukul 17.00 WIB.

Kemudian longsoran tebing terjadi di Jalan arah Bojonghaleang menuju Cikande, Kecamatan Saguling. Selain itu, longsor juga terjadi di Kampung Nyondol, tepatnya di RT 02/08, Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang. 

Sedangkan banjir bandang melanda Perumahan Baloper, Kecamatan Padalarang, akibat ada tanggul di perumahan Bumi Asri Residen yang jebol. Akibatnya air mengalir ke permukiman dan merusak satu rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo mengatakan, longsor yang terjadi di Kampung Gunung Bentang, Desa Jaya Mekar, Padalarang, juga mengakibatkan bangunan SD Negeri 2 rusak. Di antaranya ruangan kantor kepala sekolah dan ruangan UKS yang tertutup material longsor yang didominasi air bercampur lumpur.

"Hujan pada Minggu kemarin memang lebat, apalagi berlangsung cukul lama. Hal itu jadi pemicu terjadinya longsor dan banjir bandang," ucapnya, Senin (17/2/2020).

Dia menyebutkan, untuk kejadian banjir bandang di kompleks perumahan Baloper ada satu rumah yang rusak berat atas nama pemilik Mufida Nur (65) dengan penghuni 6 jiwa, dan 10 rumah lainnya terendam. Pemicunya karena tanggul jebol dari perumahan Bumi Asri Residen yang menutup saluran air (drainase) sehingga air meluap dan justru berdampak ke Perumahan Baloper.

Sementara longsor tebing setinggi 10 meter dan lebar 6 meter di Kecamatan Saguling sempat menutup akses jalan dari arah Bojonghaleang menuju Cikande, Kecamatan Saguling. "Kalau sekarang akses jalan sudah terbuka dan bisa dilalui lagi setelah petugas dibantu warga bersama-sama menyingkirkan material tanah yang menutup jalan," imbuhnya.

4 Wilayah Banjir dan Longsor di KBB:

LONGSOR; di Kampung Gunung Bentang, RT 04/15, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, tiga rumah rusak ringan.

LONGSOR; di Kampung Nyondol, RT 02/08, Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang.

LONGSOR; tebing terjadi di Jalan arah Bojonghaleang menuju Cikande, Kecamatan Saguling, menutup badan jalan.

BANJIR BANDANG; di kompleks perumahan Baloper, Padalarang, satu rumah rusak berat dan 10 terendam.
(Sindonews.com)

Wilayah di Kabupaten Bandung Barat Dilanda Longsor dan Banjir Bandang KBB


Loading...