Pejabat Tangsel Minta Warga Tenang Soal Paparan Radioaktif

Pejabat Tangsel Minta Warga Tenang Soal Paparan Radioaktif
Rmol
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 15 Februari 2020 16:50 WIB

Terasjabar.id -- Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie meminta warga tidak gelisah dan tetap tenang terkait ditemukannya paparan zat radioaktif dengan nilai paparan di atas normal yang mengontaminasi sebidang tanah di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan.

Benyamin meminta warga tak berasumsi dan bisa mencari informasi dengan akurat. Ia juga memastikan paparan zat radioaktif di lokasi tak sampai mengganggu aktivitas warga.

Benyamin mengatakan hal itu saat meninjau lokasi paparan di blok J Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Sabtu (15/2). Benyamin ditemani Kepala Biro Hukum Humas dan Kerjasama Batan, Heru Umbara.

"Tidak terjadi apa-apa. Yang bisa kita saksikan saya juga berada di dekat sini, dan teman-teman juga sama. Saya pikir itu semua bisa kita selesaikan," kata Benyamin di lokasi, Sabtu (15/2).

Benyamin mengatakan pihaknya hingga kini terus berkoordinasi dengan Batan dan Bapeten menangani masalah tersebut. Ia mengungkapkan bahwa kejadian tersebut merupakan kali pertama di Tangsel.

"Selama ini belum pernah. Ini tidak ada kaitannya dengan reaktor yang di belakang. Sama sekali tidak ada," kata Benyamin.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Hukum Humas dan Kerjasama Batan, Heru Umbara memastikan bahwa paparan zat radioaktif yang ditemukan bukan disebabkan kebocoran reaktor nuklir milik Batan yang berada di Tangsel.

Heru memastikan hal itu lantaran paparan yang ditemukan hanya berada di satu lokasi saja. Menurut Heru, jika zat radioaktif itu disebabkan oleh kebocoran, maka lokasi paparannya akan lebih luas.

Penyebab Paparan

Hasil penyelidikan sementara, Heru mengungkapkan paparan zat radioaktif yang ditemukan berada di bawah tanah. Namun, ia belum memastikan penyebab paparan itu bisa terjadi.

"Kalau bocor kan permukaan. Artinya seluruh daerah sini, misalnya bocor. Tapi ini bukan, saya memastikan ini bukan," kata Heru.

Paparan radiasi zat radioaktif di atas batas normal sebelumnya ditemukan di sebuah area tanah kosong yang berada di Blok J Perumahan Batan Indah, Serpong Tangsel.


Nilai paparan itu ditemukan lewat hasil pengecekan rutin oleh unit pemantau radioaktivitas lingkungan bergerak (mobile RDMS - MONA) milik Bapeten pada 30-31 Januari lalu.

Bapeten meninjau sejumlah lokasi di Tangerang untuk mencegah paparan mulai dari, Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong.

"Tim uji fungsi melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut di atas, dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal," kata Indra dalam keterangan tertulis, Jumat (14/2). (thr/asa/CNN)

RadioAktif Tangerang benyamin Davnie


Loading...